Pemkab Pacitan akan Adopsi Penyelanggaraan Parade Surya Senja Pemprov Jatim

oleh -101.892 views
PSS. Wabup Yudi Sumbogo mendampingi tim dalampenampilan PSS di Surabaya, Rabu.
PSS. Wabup Yudi Sumbogo mendampingi tim dalampenampilan PSS di Surabaya, Rabu.

Pacitanku.com, SURABAYA – Pemerintah Kabupaten Pacitan akan mengadopsi konsep penyelenggaraan Parade Surya Senja (PSS) yang dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur di Grahadi Surabaya, yang digelar setiap tanggal 17.

Dalam kegiatan PSS tersebut, bertindak selaku Inspektur Upacara adalah Sutartib Kasat Pol PPJatim dan bertugas sebagai Komandan Upacara adalah Mohammad Afif Dermawan yang merupakan anggota Menwa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Surabaya.

Wakil Bupati Pacitan, Yudi Sumbogo dalam keterangannya pada Rabu (17/5/2017) di Surabaya mengatakan bahwa kegiatan PSS ini sangat bagus. Apalagi, katanya, para peserta yang berasal dari daerah lain di luar Kota Surabaya termasuk DB Tirta Husada dari SMPN Arjosari Pacitan.




Dirinya juga akan mencontoh dan mempelajari manajemen perhelatan yang kental dengan nilai nilai semangat nasionalisme patriotisme ini. “Saya bangga dan mengapresiasi acara ini serta akan terinspirasi untuk diadakan di Kabupaten Pacitan setiap tanggal 17,”katanya.

Dia mengatakan bahwa kegiatan ini menjadi wadah untuk berkreasi terutama drumband dan seni budaya bagi generasi muda dari pelajar sampai mahasiswa. Menyinggung pembinaan cinta tanah air dari PSS dan Upacara Penurunan Bendera bagi anak bangsa terutama di Jawa Timur.

Dirinya berharap, generasi muda saat ini dapat lebih menghayati lebih dalam makna semangat nasionalisme persatuan dan kesatuan bangsa. “Justru saya berharap di jaman globalisasi ini generasi muda harus lebih tangguh dan punya sikap jati diri yang tinggi sebagai bangsa Indonesia ,”tukas mantan legislator Partai Demokrat ini.

Pria yang akrab disapa Mbogo ini berharap generasi muda Pacitan dapat membendung arus globalisasi dunia terutama budaya asing yang bertolak belakang dengan budaya bangsa Indonesia yang lebih adiluhung.

Sementara, terkait ikon Pacitan Kota 1001 Goa, Mbogo mengatakan potensi keindahan alam menjadi andalan daerah tujuan wisata baik turis domestik maupun mancanegara, tercatat panjang pantai 71 km berada di wilayah 6 kecamatan.

“1001 Goa memang di Pacitan terdapat banyak goa  bahkan sudah terkenal di Asia Tenggara termasuk goa Luweng jaran  berada di barat Pacitan, yang punya luas 17 km bahkan kalau ingin turun harus dengan rafting, ini yang akan kita garap sebagai destinasi andalan,”jelasnya.

Dalam PSS tersebut digelar berbagai atraksi, seperti drumband dan menari, dari DB Legion Christy TK Don Bosco Surabaya, DB Gita Sepuluh November TK 10 November Kampus ITS Surabaya, DB Wijaya Kusuma TK DWP Kebonsari Sidoarjo, DB Gita Jenaka TAK YKK 1 Bangkalan, DB Gema Masyithoh RA Masyithoh Pandaan Pasuruan.

Kemudian juga Tari Incling Jangget SDN Kedurus I Surabaya, DB Tirta Husada SMPN Arjosari Pacitan dan Drum Corp Laskar Garuda Pemkab Probolinggo. (Kominfo)