Canangkan Bulan Bhakti Gotong Royong, Indartato Tinjau Perbaikan Jalan di Ngadirojo

oleh -10988 views
Indartato saat meninjau perbaikan jalan di Ngadirojo. (Foto: Humas)
Indartato saat meninjau perbaikan jalan di Ngadirojo. (Foto: Humas)

Pacitanku.com, NGADIROJO – Bupati Pacitan Drs H Indartato MM menyebut bahwa kerukunan dan kebersamaan yang diwujudkan dalam budaya gotong royong sebagai modal membangun bangsa harus tetap terpelihara.

Hal itu disampaikan Bupati Indartato saat pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong (BBGRM) XIV dan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-45 di Desa Ngadirojo Kecamatan Ngadirojo, Kamis (18/5/2017). Dalam kesempatan tersebut, Indartato juga meninjau perbaikan dan rabat jalan desa tersebut. “Kita tidak bisa hidup sendirian, pasti membutuhkan bantuan orang lain, inilah perlunya kita bergotong royong,” katanya.

Dikatakan Indartato, gotong royong juga memberikan pengaruh kuat terhadap keberhasilan program pembangunan. Karena pelaksanaannya tidak mampu dilakukan satu pihak saja, yakni hanya tertumpu pada pemerintah, tetapi juga peran serta masyarakat.




Sehingga dengan menjaga nilai-nilai kegotong royongan, maka rakyat akan memiliki kepedulian besar terhadap sesama maupun lingkungan. “Terlibatnya semua lapisan masyarakat akan mendorong terwujudnya tata pemerintahan yang baik,” ucap Bupati.

Sementara, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pacitan Luki Indartato dalam sambutannya mengungkapkan, pada setiap peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK untuk melakukan evaluasi kinerja. “Siklus manajemen program dan kelembagaan patut kita lakukan karena selaras dengan tujuan organisasi,” ungkapnya.

Program kerja Tim Penggerak PKK sendiri merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari dokumen perencanaan pembangunan pemerintah. “Sehingga seluruh 10 program pokok PKK pada hakekatnya juga harus selaras dengan program pemerintah,” tandasnya.

BBGRM berlangsung selama sebulan selama bulan Mei 2017 dengan menitik beratkan 4 bidang sasaran. Antara lain, bidang kemasyarakatan, bidang sosial budaya dan agama, bidang lingkungan serta bidang ekonomi.

Dalam kesempatan tersebut diserahkan kejuaraan atas prestasi desa dalam lomba BBGRM serta lomba desa. Untuk Lomba BBGRM juara 1 diraih Desa Cemeng Kecamatan Punung yang sekaligus mewakili Kabupaten Pacitan di tingkat Provinsi dan menyabet penghargaan terbaik.

Juara II Desa Karanganyar Kecamatan Kebonagung serta Juara III Desa Bodag Kecamatan Ngadirojo. Untuk lomba Desa juara I diraih Desa Cemeng Kecamatan Punung, Juara II Desa Tahunan Kecamatan Tegalombo serta Juara III diraih desa Sumberharjo Kecamatan Pacitan. (Humas/RAPP002)