Sekda Pacitan: Penulisan Karya Ilmiah Masih Jadi Momok Bagi Guru

oleh -101.346 views

Pacitanku.com, PACITAN – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pacitan Suko Wiyono menyebut bahwa penulisan karya tulis ilmiah masih menjadi momok dan hal yang menakutkan, terutama bagi para guru dan tenaga fungsional.

Atas dasar itu, pihaknya melalui Dinas Pendidikan (Dindik) Pacitan melatih penulisan karya ilmiah bagi guru pada Senin (8/5/2017) kemarin di Gedung Karya Dharma Pacitan. “Kegiatan ini sangat strategis karena selama ini penulisan karya ilmiah masih menjadi sesuatu yang sangat menakutkan bagi guru dan tenaga fungsional lainya,”katanya.

Dalam pelatihan tersebut, sebanyak 60 orang guru SMP dan 100 orang guru SD mengikuti workshop penulisan karya ilmiah. Workshop dihadiri Kepala UPT TK dan SD, Pengawas SD, Penilik dan Ketua MKKS SMP se-Kabupaten Pacitan.




Menurut Suko, penilaian itu bukan tanpa alasan. Masih ada guru golongan IV/a ke atas berhenti karena tidak memiliki kemauan menyusun publikasi ilmiah atau karya inovatif.

“Bahkan disinyalir 70 persen karya ilmiah yang diajukan ke tim angka kredit pusat bukan karya yang bersangkutan sendiri,”tandasnya lagi.

Dia berharap dengan workshop ini para guru akan termotivasi melaksanakan dan membuat sendiri Publikasi ilmiah serta karya inovasi secara pribadi.

Hadir sebagai narasumber adalah Guru Besar Universitas Negeri Semarang Sudijono Sastroatmodjo, Agus Wahyudin, AT. Sugeng Priyanto, Sucipto Hadi dan Drs. Suhadi.  (Pemkab/RAPPP002)