Dokter Disebut Berperan Tingkatkan Harapan Hidup Masyarakat Pacitan

oleh -1.267 views
Pelantikan IDI Pacitan. (Foto: Humas)
Pelantikan IDI Pacitan. (Foto: Humas)

Pacitanku.com, PACITAN – Bupati Pacitan Drs H Indartato MM menyebut bahwa dokter di Pacitan memiliki peran penting dalam peningkatan taraf kesehatan di Pacitan yang berujung pada tingginya angka harapan hidup masyarakat Pacitan.

Saat ini, menurut Indartato, angka harapan hidup masyarakat Pacitan adalah 71,05 tahun, lebih tinggi dari rata-rata provinsi Jawa Timur.

“Ini sebagai salah satu indikator meningkatnya taraf kesehatan masyarakat Pacitan. Salah satu yang berperan dalam meningkatkan taraf kesehatan itu adalah dokter,”katanya saat memberikan sambutan dalam acara Pelantikan Pengurus Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Pacitan periode 2017-2020, Jumat (6/5/2017) di Pendopo Kabupaten.

Dalam kesempatan itu, Indartato melantk pengurus IDI cabang Pacitan untuk periode 2017-2020 dengan ketua dr Agus Subianto.

Disisi lain, menurut Indartato, dokter di Pacitan juga memiliki peran besar terhadap turunnya angka kematian bayi dan ibu. “Rendahnya angka kematian bayi dan ibu juga salah satunya dari peran bapak ibu para dokter,”katanya.

Sementara, Ketua IDI wilayah Jawa Timur dr Poernomo Boedi Setiawan menegaskan kembali bahwa misi yang diemban IDI yaitu dokter sejahtera, dokter profesional, masyarakat sehat. “Untuk menyehatkan masyarakat Indonesia dokter harus sejahtera dan profesional dulu,”katanya.

Dia mengatakan bahwa tantangan dokter ke depan semakin luar biasa, sehingga butuh kerja keras dari para pakar kesehatan tersebut.

“Diantaranya adalah pemberlakuan JKN universal coverage, layanan medis yang sangat ditentukan pembiayaan dan lapangan kerja yang apakah nantinya juga akan diatur oleh BPJS,”tutupnya. (Humas/RAPP002)