Gudang PLTU Sudimoro Terbakar, Kerugian Capai Rp 400 Juta

oleh -102.172 views
PLTU Sudimoro Alami Gangguan, Senin (12/5/2014). (Foto : Dok.Pacitanku)
PLTU Sudimoro (Foto : Dok.Pacitanku)
PLTU Sudimoro Alami Gangguan, Senin (12/5/2014). (Foto : Dok.Pacitanku)
PLTU Sudimoro Alami Gangguan, Senin (12/5/2014). (Foto : Dok.Pacitanku)

Pacitanku.com, SUDIMORO – Peristiwa kebakaran terjadi di kawasan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Desa Sukorejo, Kecamatan Sudimoro, Pacitan. Pada peristiwa kebakaran yang terjadi dua kali tersebut, kebakaran pertama, Senin (8/5/2017) sore, sekitar pukul 15.00 WIB. Dan kebakaran kedua pada hari yang sama pukul 16.00 WIB.

Informsi yang dihimpun Pacitanku.com, Kronologi kebakaran tersebut berawal pada Senin sekitar pukul 14.30 WIB, debu sisa pembakaran batu bara masuk ke dalam gudang tempat peyimpanan batu bar, sehingga membakar jalur kontensor atau kabel terbakar dengan cepat api membakar gudang tempat penyimpanan batu, namun api sudah bisa dipadamkan oleh dua unit mobil Pemadam Kebakaran milik PLTU.




Namun pada pukul 15.00 WIB, akibat hembusan angin yang kencang api kembali membakar tempat penyimpanan gudang batu bara. “Jadi awalnya memang sudah bisa dipadamkan oleh mobil damkar milik kami sendiri. Namun masih ada bara api yang kemudian terhembus angin,” ungkap manajer PT PJB Ubjom Pacitan Ardi dalam keterangannya Selasa pagi.

Dia mengatakan bahwa dua damkar dari Pemkab Pacitan juga ikut diterjunkan untuk membantu pemadaman api tersebut.

Akibat dari kejadian ini, satu karyawan bernama Yeri Bachtiar mengalami sesak nafas akibat menghirup asap saat ini korban dirawat di Pukesmas Sudimoro. Selain itu kerugian material akibat jalur kontensor atau kabel terbakar, dibutuhkan waktu sekitar 5 hari untuk memperbaiaki, kerugian diperkirakan sekitar 400 juta. (RAPP002)