Optimisme Pengelola Perpustakaan Gemaharjo Jadi yang Terbaik Tingkat Jatim

oleh -Dibaca 2.535 kali

Pacitanku.com, TEGALOMBO – Perpustakaan cahaya Desa Gemaharjo, Kecamatan Tegalombo kembali masuk nominasi penilaian tingkat provinsi. Tidak hanya itu, Taman Baca Desa Gemaharjo juga berpeluang besar maju ke tingkat nasional karena sudah menempati 10 besar.

“Kita tim penilai akan melakukan visitasi guna melihat langsung kondisi dilapangan,”kata Sri Wahyu Hastarini salah satu tim juri provinsi saat kunjungan ke Gemaharjo, Jumat (21/4/2017) siang.

Dari hasil pantauan lapangan, lanjut Hastarini, nantinya akan dinilai lagi. Adapun yang mendapat poin  tertinggi berhak mewakili Jawa Timur di kancah nasional.

Bagi masyarakat Desa Gemaharjo kesempatan itu tdk akan disia siakan. Seperti disampaikan wakil Bupati Pacitan Yudi Sumbogo,  jika terpilih maka masyarakat akan tertantang menjadi lebih baik.




“Lomba memang bukan tujuan utama tapi jika kesempatan datang maka kita akan selalu siap,”tegasnya penuh semangat.

Optimisme yang tinggi dari Desa Gemaharjo menjadi yang terbaik bukan tanpa alasan. Perpustakaan cahaya sejak berdiri hingga sekarang terus berkembang. Bahkan, sentuhan tekhnologi informasi (TI) juga dikembangkan.“Kita terus berbenah semakin moderen,”ujar Sukiran, Kepala Perpustakaan Cahaya Desa Gemaharjo saat berbincang dengan Radio Suara Pacitan.

Selain 4000 koleksi buku berbagai jenis, Perpustakaan Cahaya telah mamiliki koleksi e-Book (buku elektronik) hingga 200 judul. Buku-buku digital tersebut dapat dinikmati melalau telepon pintar dengan alamat: perpustakaancahaya.wordpress.com.

Keberadaan perpustakaan ini sendiri juga mampu mendorong masyarakat berkembang. Misalnya, melalui pengetahuan membaca kini masyarakat Desa Gemaharjo telah berhasil mengembangkan peternakan sapi perah serta pengolahan susu, dan budidaya ikan lele. Dengan membaca jendela dunia terbuka, muaranya pertumbuhan ekonomi turut meningkat,”pungkasnya. (riz/ps)