Indartato: Bimbingan Pengawas untuk Peningkatan Mutu Pendidikan

oleh -1 Dilihat
Bimtek Pengawas Pacitan. (Foto: Humas Pacitan)
Bimtek Pengawas Pacitan. (Foto: Humas Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Peran pengawas sekolah untuk memajukan pendidikan tak kalah penting. Karena mereka ikut bertanggung jawab atas baik buruknya mutu pendidikan itu sendiri.

Hal itu dikatakannya Bupati Pacitan Indartato saat pelantikan pengurus Asosiasi Pengawas Sekolah Indonesia (APSI) Pacitan di gedung Karya Darma, Sabtu (22/1/2017).

“Bimbingan pengawas penting untuk mewujudkan peningkatan mutu pendidikan,” tandas Bupati Indartato.




Selain terkait mutu pendidikan, anggota APSI juga memiliki tugas pokok menyangkut manajerial di institusi pendidikan. Meski demikian, jabatan pengawas masih dianggap kurang bergengsi. Padahal kewajiban yang mereka emban juga berat.

Terlebih dalam RPJMD daerah menyebut tujuan tercapainya masyarakat yang sehat, pintar, dan sejahtera secara ekonomi.

Bupati mengatakan, pengawas ibarat sutradara dan orang pilihan. Karena bermain dibalik layar untuk membimbing guru dan sekolah agar lebih baik. “Tujuan pendidikan adalah menyediakan sumberdaya manusia yang mumpuni sekaligus bertaqwa,” katanya.

Untuk meningkatkan kemampuan pengawas sendiri pihak APSI melaksanakan pelatihan dan pemberlakuan sertifikasi sebagai pengawas. Dengan demikian mereka diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata dalam upaya peningkatan mutu pendidikan di wilayahnya. (arif/tarmuji/danang/humaspacitan)