Desa Wareng Jadi Juara Lomba Desa Tingkat Kabupaten Pacitan Tahun 2017

oleh -102.139 views
tari banteng wareng khas Goa Tabuhan
tari banteng wareng khas Goa Tabuhan
tari banteng wareng khas Goa Tabuhan
Tari banteng wareng khas Desa Wareng. Tarian ini yang menjadi daya tarik tersendiri yang menjadikan Desa tersebut juara lomba tingkat kabupaten.

Pacitanku.com, PACITAN – Desa Wareng Kecamatan Punung akhirnya berhak menyandang sebagai juara lomba desa tingkat kabupaten Pacitan tahun 2017. Berdasarkan hasil penilaian tim, desa yang terkenal dengan obyek wisata Goa Tabuhan ini mendapatkan skor 919,75.

Setelah dilakukan penilaian pada pada Senin (3/4/2017) lalu oleh tim penilai dengan ketua dr Eko Budiono MM, Desa Wareng unggul tipis dari peringkat kedua yang diduduki oleh Desa Tahunan, Kecamatan Tegalombo dengan skor 917,5. Desa Wareng pun mengungguli 11 peserta lomba desa tingkat kabupaten tahun 2017.

Sementara, di posisi ketiga, Desa Sumberharjo Kecamatan Pacitan (907,75), peringkat IV Desa Karanganyar Kecamatan Kebonagung (878,74), peringkat V Desa Ngile Kecamatan Tulakan (876). Kemudian peringkat VI Desa Pakisbaru Kecamatan Nawangan (874,7), peringkat VII Desa Sidomulyo Kecamatan Ngadirojo (868,22).

Selanjutnya peringkat VIII Desa Tumpuk Kecamatan Bandar (827,75), peringkat IX Desa Dersono Kecamatan Pringkuku (823), peringkat X Desa Klepu Kecamatan Sudimoro (808,7), peringkat XI Desa Klepu Kecamatan Donorojo (793,49) dan di posisi terakhir adalah Desa Mlati Kecamatan Arjosari (769,5).

Sebagai informasi, Desa Wareng sendiri juga menyandang predikat yang cukup prestatif di lomba lainnya, yakni empat  besar lomba  gotong royong antar desa dan kelurahan tingkat Provinsi.




Selain potensi wisatanya berupa Goa Tabuhan dan juga sentra kerajinan akik, potensi desa lain juga terus bermunculan. Hal ini pula yang membuat para juri lomba desa yang dengan ketua dr Eko Budiono MM memberikan peringkat juara I untuk Desa Wareng, setelah dinilai

Melansir laman web Desa Wareng, setidaknya potensi dan keunggalan desa ini adalah kerajinan anyaman bambu. Sebagian besar warga masyarakat Desa Wareng banyak yang meluangkan waktu senggangnya untuk menganyam sebagai tambahan penghasilan. Maka dari itu Desa Wareng menjadi salah satu sentra pengrajin anyaman bambu di Pacitan.

Barang-barang yang dihasilkan tidak jauh dari urusan rumah tangga dan kebutuhan masyarakat yg mendasar diantaranya tebok, tampah,capil, tempat nasi dan sebagainya. Selain anyaman bambu, industri kreatif lainnya yang cukup dikenal adalah sentra industri akik. Bahkan, bisnis batu akik ini mempunyai pengaruh besar bagi kebangkitan ekonomi Desa Wareng karena bisa menciptakan lapangan kerja.

Selain industri kreatif, Desa Wareng juga diketahui memiliki potensi wisata alam dan budaya. Utamanya adalah Goa Tabuhan yang terletak di Dusun Tabuhan, dan juga wisata budaya yang dikenal dengan tarian Banteng Wareng.