UNBK Sukses, Bupati Pacitan Senang

oleh -101.667 views
Pelaksanaan UNBK di Pacitan. (Foto: Humas Pacitan)
Pelaksanaan UNBK di Pacitan. (Foto: Humas Pacitan)

Pacitanku.com, PUNUNG – Bupati Pacitan Drs H Indartato MM mengapresiasi pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sepekan lalu. Atas kesuksesan UNBK itu, Indartato mengharapkan hal serupa terulang dalam pelaksanaan UNBK SMA/MA pekan ini.

“Pelaksanaan UNBK kemarin bisa kita jadikan evaluasi agar kedepan pelaksanaannya lebih baik lagi,” katanya saat memantau UNBK di SMA Negeri Punung, Senin (10/4/2017).

Dalam pelaksanaan UNBK SMK lalu memang nyaris tidak ada kendala. Terutama yang menyangku teknis. Pihak PLN maupun operator seluler benar-benar membuktikan janjinya, menjamin pasokan listrik dan internet lancar. Bupati juga mengapresiasi panitia yang telah bekerja keras agar pelaksanaan UNBK tahun ini berjalan sesuai yang direncanakan. “Intinya kesuksesan itu merupakan buah kerjasama dan kerja keras semua pihak,”ujarnya lagi.




Sementara, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jatim Kardoyo mengatakan, sukses UNBK SMK menjadi bukti, meski model baru namun Kabupaten Pacitan mampu dan berhasil melaksanakannya. Kekhawatiran akan kendala teknis memang sempat membayang.

Terlebih, katanya, Pacitan banyak terdapat area blank spot. “Atas kerja keras bersama permasalahan itu bisa kita atasi. Apalagi kita sudah dapat jaminan baik dari PLN maupun penyedia internet,” katanya.

Jumlah penyelenggara UNBK SMA/MA sebanyak 30 lembaga. Dengan rincian, 18 penyelenggara murni, masing-masing sembilan dari SMA dan MA. Sedangkan 12 sisanya masih menggabung.

Selain Bupati Indartato yang memantau langsung UNBK di SMA Punung dan Donorojo, sidak juga dilaksanakan Wakil Bupati Pacitan Yudi Sumbogo ke sejumlah sekolah. Diantaranya, SMA 1 dan 2 Pacitan, MAN Pacitan, SMAN Tegalombo dan MA Muhammadiyah 1 Tegalombo.

Secara nasional, sebanyak 1.812.035 siswa SMA/MA dari 20.557 sekolah mengikuti UN yang dimulai Senin. Dari jumlah tersebut, sebanyak 10.905 sekolah atau 667.741 peserta mengikuti UNKP dan 9.652 sekolah atau 1.144. 294 peserta mengikuti UNBK.

Untuk UN SMA di Jatim tahun ini diikuti 1.446 lembaga penyelenggara dengan 1.067 menyelenggarakan secara mandiri dan 387 menumpang, sementara 12 penyelenggara masih menggunakan UNPK. Sedangkan untuk Madrasah Aliyah (MA) diikuti 1.611 penyelenggara dengan 661 meneyelanggarakan secara mandiri dan 287 menumpang. Sementara 669 penyelenggara masih menggunakan UNPK. (Humas/RAPP002)