Tanah Longsor Putuskan Jalur Tegalombo-Tulakan Via Desa Kasihan

oleh -Dibaca 2.138 kali
BENCANA. Material tanah longsor memutuskan jalur Tegalombo-Tulakan di Desa Tegalombo. (Foto: Sudirno/Pacitanku CJ)
BENCANA. Material tanah longsor memutuskan jalur Tegalombo-Tulakan di Desa Tegalombo. (Foto: Sudirno/Pacitanku CJ)

Pacitanku.com, TEGALOMBO – Hujan deras yang mengguyur kawasan Kecamatan Tegalombo pada Kamis (6/4/2017) mengakibatkan tanah longsor di sejumlah titik di kawasan tersebut. Bahkan yang terparah, jalur utama yang menghubungkan Kecamatan Tegalombo menuju ke Kecamatan Tulakan melalui Desa Kasihan, Kecamatan Tegalombo putus total akibat tanah longsor yang menerjang kawasan tersebut.

Menurut keterangan Kepala Desa Kasihan, Sudirno saat dihubungi Pacitanku.com melalui sambungan telepon, Kamis (6/4/2017) mengatakan bahwa material longsor menutupi hampir semua badan jalan yang masih masuk di Krajan, Desa/Kecamatan Tegalombo tersebut. 



DORONG. Satu unit kendaraan didorong warga melintas longsor di Tegalombo. (Info Pacitan)

Dikatakan Sudir, peristiwa longsor yang memutuskan jalur Tegalombo-Tulakan tersebut terjadi akibat hujan deras yang mengguyur kawasan tersebut selama sekitar 3 jam.

“Material longsor menutup seluruh jalan dan menyebabkan akses menuju ke Kecamatan Tulakan dan sebaliknya putus total, roda dua maupun roda empat tak bisa melewati jalur tersebut, adapun kejadian longsor tersebut terjadi pada Kamis sore sekitar pukul 16.00 WIB, dengan letak di Dusun Krajan Desa/Kecamatan Tegalombo atau berjarak sekitar 500 meter dari perbatasan Desa Kasihan,”katanya.

Lebih lanjut, Sudirno mengatakan setelah peristiwa tanah longsor yang memutuskan jalan tersebut terjadi, dirinya segera meneruskan informasi kepada pihak kecamatan untuk segera ditindaklanjuti. Sementara, kata Sudirno, pihaknya bersama warga akan melakukan pembersihan pada Jumat (7/4/2017) besok. “Yang penting kita besok bersama teman-teman ya berusaha menyingkirkan material longsor, agar minimal kendaraan roda dua bisa lewat untuk sementara,”ujarnya lagi.

Pohon tumbang di jalur Tegalombo-Bandar. (Foto: Isnandir/Pacitanku CJ)

Selain di jalur menuju ke Kecamatan Tulakan, beberapa titik longsor juga terjadi di RT/RW 14/III Dusun Krajan Desa Tegalombo. “Dua rumah terkena longsor, dan jalan menuju ke Kecamatan Bandar, sekitar 100 meter sekitar pasar Tegalomo tertutup material longsor dan pohon yang roboh,”kata Isnandir, salah satu warga setempat.

Sementara itu, di jalur Pacitan-Ponorogo, terpantau sejumlah titik longsor juga terjadi diantaranya di Dusun Ringinasri Tegalombo. BPBD Pacitan sendiri bersama PLN sudah menerjunkan loader dan satu unit mobil PLN untuk stanby di Pasar Kebondalem. Hingga berita ini dituliskan, hujan deras masih mengguyur kawasan Tegalombo dan sekitarnya.

Editor: Dwi Purnawan