Puluhan Bidan CPNS Belum Dapat SK dari Kemenkes

oleh -132.072 views
Ilustrasi bidan

Pacitanku.com, PACITAN – Baru lolos seleksi, 60 bidan pegawai tidak tetap (PTT) yang lulus tes CPNS kini malah cemas. Sebab, meski sudah lulus berbagai tes, tetapi ketetapan pengangkatan bidan PNS dari Kementrian Kesehatan (Kemenkes) belum juga turun.

Lantaran belum punya nomor induk kepegawaian (NIK), mereka pun belum berhak menerima gaji sebagai PNS. Masalahnya, mereka juga tidak lagi berhak atas gaji bidan PTT. ‘’Mereka masih berhak menerima gaji hingga bulan Februari,’’ ujar pejabat Pengelola Bidan PTT Kabupaten Pacitan, Eko Hadi, kemarin.

Eko menuturkan, status para bidan PTT yang lolos tes CPNS itu kini masih abu-abu. Meski diterima, tetapi mereka belum diangkat sebagai PNS. Penggajian mereka pun mau tidak mau harus mengikuti statusnya. Lantaran bukan PTT dan belum PNS, terhitung sejak pengumuman kelolosan tes CPNS, mereka tidak lagi berhak atas gaji PTT, dan belum berhak atas gaji PNS.

Padahal, gaji bidan PTT terhitung besar. Menurut Eko, gaji di wilayah terpencil bisa mencapai Rp 4,6 juta per bulan. Sementara bidan PTT di wilayah kota mendapat Rp 2,3 juta. ‘’Gaji PTT bulan Maret tidak bisa diterima di bulan April nanti. Sementara lima bidan PTT lain yang tidak lolos tes tentu tetap berhak. Tetapi, mulai April nanti seluruh bidan PTT namanya berganti menjadi bidan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (P3K),’’ terangnya.


Masalahnya, Eko tidak bisa memperkirakan kapan para bidan PTT yang lolos CPNS itu bakal diangkat. Dia juga enggan berandai-andai. Sebab, lama pengangkatan di tiap daerah juga tidak sama. Ada yang satu bulan langsung diangkat, ada pula yang sampai berbulan-bulan hingga diakuinya menimbulkan polemik. ‘’Bisa dikatakan status mereka (para bidan PTT yang lolos CPNS) kini masih terkatung-katung. Kami harap pengangkatannya bisa tidak berlarut-larut,’’ ungkapnya.

Salah seorang bidan PTT yang lolos CPNS, Meisuci Lessari, mengaku senang telah lolos tes yang dia harap-harapkan. Meisuci mengaku sudah tujuh tahun mengabdi menjadi bidan PTT. Kini dia dan para bidan PTT yang lolos CPNS lain menunggu-nunggu kapan pengangkatan bakal dilaksanakan. ‘’Kami berdoa agar pengangkatannya dapat segera dilakukan. Saat ini mungkin masih terima gaji, tetapi kami juga harap-harap cemas kalau nanti tidak kunjung diangkat, sementara mengabdi tanpa gaji,’’ ujarnya.

Sumber: Radar Madiun