Mantap, Pacitan Kini Miliki Stok Tour Guide Lokal

oleh -131.529 views
Para Tour Guide sedang mendapatkan pelatihan dari HPI. (Foto: Wildan/AP3)
Para Tour Guide sedang mendapatkan pelatihan dari HPI. (Foto: Wildan/AP3)

Pacitanku.com, PACITAN – Setelah proses seleksi, Pemerintah Kabupaten Pacitan melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Pacitan bekerjasama dengan Asosiasi Pelaku dan Penggiat Pariwisata Pacitan (AP3) akhirnya sukses menyelenggarakan pelatihan pemandu wisata atau pramuwisata pada Senin hingga Rabu (20-22) Maret 2017 lalu.

Dalam kesempatan tersebut, sebanyak 40 pemuda Pacitan belajar menjadi tour guide lokal yang melayani wisatawan yang berkunjung ke Pacitan.

“Pelatihan dibagi menjadi tiga hari, dimana dua hari para peserta dengan berbagai latar belakang tersebut diajak belajar secara teoritis 5 materi, yakni kebijakan kepariwisataan Pacitan, peran pramuwisata, sapta pesona, geografis alam dan Daya Tarik Wisatawan (DTW) dan terakhir adalah tugas dan fungsi pramuwisata,”kata Ketua AP3 Pacitan, Ronny Widya Kurniawan, dikutip dari laman AP3.

Selanjutnya, dihari ketiga, kata Ronny, ke-40 peserta tersebut diajak untuk praktek lapangan yang dipusatkan di Goa Gong dan Pantai Klayar. “Setelah usai pelatihan, mereka akan membuat kelompok pemandu wisata sendiri, dengan harapan nanti biasa sinergitas dengan instansi tertentu nantinya dengan begitu wisatawan yang datang ke pacitan bisa menggunakan tour guide lokal Pacitan,”jelasnya.




Sementara, Hesti Suteki, Kepala Bidang Kelembagaan dan SDM Disparpora Pacitan dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan mempersiapkan tenaga-tenaga terampil untuk melayani wisatawan yang berkunjung ke Pacitan.

“Selain itu juga mempersiapkan tenaga yang bisa memberikan informasi dan pelayanan sebagai tuan rumah yang baik, adapun tugas dari tour guide mempromosikan pariwisata pacitan ke masyarakat, serta menjadi tuan rumah yang baik dalam pelayanan wisata,”ujarnya saat memberikan sambutannya.

Sebagai informasi, pramuwisata adalah profesi di bidang kepariwisataan. Pramuwisata disebut juga Pemandu Wisata atau Tour Guide. Di Indonesia, secara nasional telah dibentuk organisasi yang mewadahi profesi ini, yaitu Himpunan Pramuwisata Indonesia atau HPI.

Organisasi ini telah memiliki jaringan ke seluruh provinsi di Indonesia. Di beberapa daerah juga terbentuk sejumlah organisasi serupa yang bersifat lokal. Dan untuk Pacitan, ini adalah kali pertama Disparpora menggelar pelatihan tersebut. (RAPP002)