Pemkab Pacitan Gelar Pelatihan Pemandu Wisata, ini Cara Pendaftarannya

oleh -134.102 views
Ilustrasi pramuwisata. (Foto: Studipariwisata)
Ilustrasi pramuwisata. (Foto: Studipariwisata)

Pacitanku.com, PACITAN – Pemerintah Kabupaten Pacitan melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Pacitan bekerjasama dengan Asosiasi Pelaku dan Penggiat Pariwisata Pacitan (AP3) akan mengadakan pelatihan pemandu wisata atau pramuwisata yang direncanakan dimulai pada 20-22 Maret 2017 mendatang.

Menurut Hesti Suteki, Kepala Bidang Kelembagaan dan SDM Disparpora Pacitan, saat dihubungi Pacitanku.com pada Rabu (8/3/2017) mengataka bahwa pelatihan perdana yang akan dibuka untuk umum dan siapa pun boleh mendaftar asalkan sesuai kriteria.

Sebagai informasi, pramuwisata adalah profesi di bidang kepariwisataan. Pramuwisata disebut juga Pemandu Wisata atau Tour Guide. Di Indonesia, secara nasional telah dibentuk organisasi yang mewadahi profesi ini, yaitu Himpunan Pramuwisata Indonesia atau HPI. Organisasi ini telah memiliki jaringan ke seluruh provinsi di Indonesia. Di beberapa daerah juga terbentuk sejumlah organisasi serupa yang bersifat lokal. Dan untuk Pacitan, ini adalah kali pertama Disparpora menggelar pelatihan tersebut.

Hesti menuturkan kegiatan ini bertujuan mempersiapkan tenaga-tenaga terampil untuk melayani wisatawan yang berkunjung ke Pacitan. “Nanti bagi yang terpilih menjadi pemandu wisata nantinya akan membuat kelompok pemandu wisata sendiri, dengan harapan nanti biasa sinergitas dengan instansi tertentu nantinya dengan begitu wisatawan yang datang ke pacitan bisa menggunakan tour guide lokal pacitan,”jelasnya.

Hesti mengatakan bahwa selain itu juga mempersiapkan tenaga yang bisa memberikan informasi dan pelayanan sebagai tuan rumah yang baik. “Adapun tugas dari tour guide mempromosikan pariwisata pacitan ke masyarakat, serta menjadi tuan rumah yang baik dalam pelayanan wisata,”katanya lagi.

Adapun, untuk kriteria yang dibutuhkan, kata Hesti, diantaranya adalah pria/wanita, pendidikan minimal SLTA, berpenampilan menarik, ramah dan menyenangkan, menguasai salah satu bahasa asing, berjiwa humoris dinamis dan kreatif, lancar dan cakap berkomunikasi, dan usia maksimal 35 tahun.“Pada hari pertama (pelatihan) dan kedua materi di dalam kelas, sedangkan hari ketiga, 22 Maret 2017, praktik lapangan,”ujarnya.


Lebih lanjut, Hesti mengatakan bahwa target pramuwisata Pacitan adalah 40 peserta. Namun demikian, Hesti mengatakan bahwa jika pendaftaran lebih dari 40 peserta nantinya akan dilakukan seleksi administratif.“Kita menumbuhkan embrio pramuwisata dulu, baru misalkan nanti itu ada respon yang sangat antusias baru dibuatkan dasar-dasar hukum yang berlaku,”pungkasnya.

Jika Anda tertarik mendaftar, bisa mulai mendaftar pada Selasa-Rabu (14-15/3/2017) dan mengisi formulir pendaftaran via laman www.pacitantourism.net. Adapun, persyaratan administrasi yang harus dilampirkan yaitu biodata, fotokopi KTP, fotokopi ijazah terakhir (SMA/sederajat), dan pas foto berwarna ukuran 4 x 6 sebanyak dua lembar.

Jika sudah melengkapi berkas, seluruh berkas pendaftaran diserahkan ke Bidang Pengembangan Kelembagaan dan Sumber Daya Pariwisata Disparpora Pacitan Jalan WR Supratman 20A, Kelurahan Sidoharjo, Kecamatan/Kabupaten Pacitan, telepon 0357883545. (RAPP002)