Hasil dan Klasemen KU-16 PSSI Pacitan Pekan ke-4

oleh -Dibaca 1.669 kali

Pacitanku.com, PACITAN – Kompetisi sepakbola kelompok usia -16 PSSI Pacitan sudah memasuki pekan keempat. Banyak kejutan di pekan keempat ini, diantaranya kemenangan perdana Rujak Beling.

Sebagai klub sepak bola yang mempunyai nama unik “Rujak Beling” mau tidak mau tim ini menjadi pembicaraan di kalangan pemerhati sepak bola di kabupaten Pacitan, khususnya dalam gelaran kompetisi U-16 PSSI Pacitan kali ini. Hasil negatif kekalahan empat kali berturut-turut seolah menambah beban bagi klub yang ber home base di desa Kayen Pacitan ini.

Kemasukan 13 gol dan tidak pernah mencetak gol sekalipun adalah catatan rekor dari Rujak Beling. Kalah dari Tidar Jaya, AC Puma, Rajawali dan kemudian dibantai delapan gol tanpa balas oleh Gerotan FC mental anak-anak asuhan Achmad Nursidiq-Bastommy-Kidung ini harusnya ambruk. Tetapi kebangkitan yang mempesona dibuat oleh mereka ketika bertanding melawan Pratama pada hari Sabtu 25 Pebruari 2017 di pertandingan kedua.

Sama-sama menyandang status sebagai tim yang belum pernah menang di grup B, layaknya laga ini adalah pertaruhan “gengsi” bagi kedua tim. Dan akhirnya Rujak Beling yang unggul di laga sore itu, cukup dengan satu gol torehan dari Rafi di menit 17 babak pertama. Bagi Pratama hasil ini seperti akumulasi kesialan mereka sore itu, mendapat hadiah penalti tidak bisa dimanfaatkan dengan baik, ditambah satu pemain mendapatkan hukuman kartu merah akibat bertindak kurang sopan ketika sudah berada di bench. Dan hasil ini memperpanjang rekor buruk Pratama dengan belum memperoleh satu kemenangan pun dari empat laga mereka sekaligus menempatkan mereka di dasar klasemen grup B, satu tingkat di bawah Rujak Beling.

Citra Arjosari Ambil Alih Puncak Klasemen Grup A

Kemenangan ketiga secara berturut-turut diperoleh tim Citra Arjosari ketika di pertandingan terakhir mereka hari Sabtu (25/2) jam pertama mengalahkan Gempur dengan skor telak 4-0. Yusuf mencetak gol pertama bagi Citra di menit 8 babak pertama, ditambah cetakan dua gol dari penyerang haus gol mereka, M Nur Asif menit 26 babak pertama dan 9 babak kedua, kemudian ditutup oleh gol yang diciptakan Rizky Nizar di penghujung babak kedua.

Hasil positif Citra di pertandingan ini menempatkan mereka di posisi teratas klasemen grup A dengan menggeser Pogres yang selama tiga minggu berada di puncak. Disamping itu dua gol yang dicetak bomber mereka, M Nur Asif membuat pundi-pundi golnya bertambah dan memimpin perolehan gol sementara dengan 6 gol.




Pada pertandingan lain grup A yang digelar pada hari jumat (24/2) jam kedua, gol tunggal pemain Loreng Pudara nomor punggung 8 Reza, cukup untuk membuat Eagle takluk 1-0. Ini merupakan kemenangan pertama bagi tim yang berasal dari Sudimoro ini, dan membuat Eagle berada di posisi terbawah grup A.

Gerotan Mantap di Puncak Klasemen

Juara bertahan Gerotan FC masih kokok di puncak klasemen grup B. Di laga terakhir, mereka menundukkan kompetitor kuatnya Tidar Jaya dengan kemenangan 2-0 pada hari minggu 26/2 jam  pertama.

Kemenangan ini membuat mereka mantap di puncak klasemen sekaligus membuat jarak dengan lawan-lawan di grupnya. Pertandingan menarik dan keras tersaji pada laga ini dibuktikan dengan jatuhnya enam kartu kuning, dua untuk Tidar Jaya dan empat buat Gerotan.

Secara umum sebenarnya pertandingan ini relatif berimbang, tetapi Gerotan cerdik mengambil peluang ketika Tirto Cahyono mencuri bola dan mencetak gol kejutan di menit 13 babak pertama, diteruskan empat menit berselang dengan tusukan berbahayanya di kotak penalti Tidar Jaya terpaksa harus dijatuhkan sehingga berakibat hukuman bagi Tidar Jaya.

Kapten Gerotan Andika Pamungkas dengan dingin mengeksekusi tendangan penalti dan gol, mengubah kedudukan 2-0. Tidar Jaya juga belum dinaungi keberuntungan saat dua kali tendangan jarak jauh sang kapten, Septian, menerpa mistar dan gagal menjadi gol.

Tidar Jaya yang bermain dua kali di pekan ini sebelumnya sempat mengantongi tiga poin pada laga hari Jumat 24/2 jam pertama melawan Rajawali dengan skor 2-1. Dwigol Ari Shandi hanya mampu dibalas oleh gelandang Rajawali Tomy Hermansyah.

Satu lagi pertandingan di grup B antara AC Puma melawan Rajawali pada hari Minggu 26/2 jam kedua. Seperti Tidar Jaya, Rajawali juga harus melakoni dua pertandingan di pekan ini. Hasilnya pun indentik dengan sekali menang dan sekali kalah. Pertandingan AC Puma melawan Rajawali ini dimenangi oleh Rajawali dengan gol tunggal yang dicetak oleh Dhiky pada menit 7 babak kedua.

Sampai pekan keempat tampaknya Gerotan, Rajawali, dan Tidar Jaya akan berebut di tiga besar grup B, sementara satu tiket tersisa akan diperebutkan oleh empat tim lainnya.

Berikut Hasil dan Klasemen KU-16 PSSI Pacitan:

 

KLASEMEN SEMENTARA GRUP A

(Minggu 3)

 

Rank

 

Nama Tim

 

M

 

Mn

 

Sr

 

Kl

 

Mm

 

Km

 

Sg

 

Poin

1 (2)CITRA3300131129
2 (1)POGRES33008269
3 (4)PSM310235-23
4 (3)GEMPUR310239-63
5 (6)LORENG PUDARA310239-63
6 (5)EAGLE300315-40
 
HASIL PERTANDINGAN
Jumat, (24/2) II: Loreng Pudara vs Eagle (1 – 0)

Sabtu, (25/2) I: Gempur vs Citra (0 – 4)

 
DAFTAR PENCETAK GOL
6 golM. Nur Asif (Citra)
3 golReva Aditya (Pogres); M. Ilham Maulana (Citra); Ilham (Pogres), Reza Bagus (Loreng Pudara)
2 golAndi (Gempur); Rizky Nizar(Citra)
1 golAndika, Apria, Dimas (PSM); Riko (Gempur); Yoga, Firza Alvin (Pogres); Andika Fajar (Eagle), Yusuf Wibisono(Citra)
o.g.Doni (Loreng Pudara)
JADWAL PERTANDINGAN
·         Jumat, (3/3): Eagle vs PSM(I)

                        Citra vs Pogres (II)

·         Minggu, (5/3): Loreng Pudara vs Gempur (II)

                       

 

 

KLASEMEN SEMENTARA GRUP B

(Minggu 4)

 

Rank

 

Nama Tim

 

M

 

Mn

 

Sr

 

Kl

 

Mm

 

Km

 

Sg

 

Poin

1 (1)GEROTAN44001511412
2 (2)RAJAWALI540193612
3 (3)TIDAR JAYA43018359
4 (4)KUDA LAUT42027436
5 (5)PUMA410315-53
6 (7)RUJAK BELING5104113-123
7 (6)PRATAMA4004011-110
    
HASIL PERTANDINGAN
·         Jumat, (24/2) I: Rajawali vs Tidar jaya (1-2)

·         Sabtu, (25/2) II: Rujak Beling  vs Pratama (1-0)

·         Minggu, (26/2) I: Tidar Jaya vs Gerotan (0-2)

                                            II: AC Puma vs Rajawali (0-1)

 
DAFTAR PENCETAK GOL
5 golDhiky Syah M (Rajawali); Tirto Cahyono(Gerotan)
4 golAri Shandi (Tidar Jaya)
3 golAnung Pambudi (Kuda Laut); Dandi Saputra, Andika Pamungkas (Gerotan)
2 golFakhru Rozy (Rajawali); Bagas Faqih (Tidar Jaya); M. Syafiq (Gerotan)
1 golAfif Fadil, Tomy Hermansyah (Rajawali); M. Taufik, Septian (Tidar Jaya), Gilang (Kuda Laut), M. Bayu (AC Puma); Miping P, Wibowo (Gerotan); Gilang, Niko Adi, Bagas Cahyono, Dhemaz Anarkhi  (Kuda Laut); Rafi (Rujak Beling)
JADWAL PERTANDINGAN
·         Sabtu, (4/3): Gerotan vs AC Puma (I)

                                Pratama vs Tidar Jaya (II)

·         Minggu, (5/3): Kuda Laut vs Rujak Beling (I)