Gelar Musyawarah Ke-3, FOSIPA Komitmen Kembangkan Pariwisata Indonesia

oleh -101.451 views
Musyawarah FOSIPA di DI gyakarta. (Dok. AP3 Pacitan)

Pacitanku.com, YOGYAKARTA – Forum Silahturahmi Insan Pariwisata Indonesia (Fosipa) menyelenggarakan Musyawarah Silahturahmi Nasional (Musinas) ke-3 pada Minggu (26/2/2017) hingga Senin (27/2/ 2017) kemarin di Cakra Kusuma Hotel Yogyakarta.

Dalam agenda itu, selain akan memilih pengurus baru, Musinas Fosipa menjadi ajang untuk mengeratkan insan pariwisata di Indonesia.

“Ada sekitar 80 perwakilan insan pariwisata di Indonesia yang hadir di malam ini. Kami tentu sangat berterimakasih karena acara ini mampu mengumpulkan insan pariwisata mulai dari unsur asosiasi, pemerintahan dan lainnya,” ujar Ketua Panitia  Rifky Agus Setyawan dalam sambutannya pada Minggu (26/02/2017).

Adapun, kata Rifky, komunmitas atau asosiasi pariwisata yang hadir berasal dari Semarang, Salatiga, Solo, Magelang, Pekalongan, Purwokerto, Banyumas (Jateng), Jember, Kediri, Pacitan, Malang, Surabaya, Bali, Lombok, Madura, Bangka Belitung, Jakarta, Banten dan lainnya.




Khusus dari Pacitan, para pegiat pariwisata dari Forum Asosiasi Pegiat Pariwisata Pacitan (AP3) yang dipimpin langsung Ketua AP3 Ronny Widya Kurniawan hadir bersama rombongan Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) yang dipimpin langsung Kepala Dinas Endang Surjasri.

Sedang undangan yang hadir antara lain dari  Dinas Pariwisata DIY, Dispar Kabupaten Sleman,  Kulon Progo, Bantul, Gunung Kidul, Dinas Pariwisata Pacitan, Dinas Pariwisata Pangandara, Cirebon, Tuban dan Madiun.

Rifki berharap dengan Musyawarah ini kepariwisataan di Indonesia semakin berkembang. Terlebih tantangan dan peluang di sektor pariwisata terus bermunculan.“Melalui acara ini insan pariwisata mengupayakan kepariwisataan Nusantara semakin berkembang, serta meningkatkan jalinan kerjasama dan silaturahmi antar insan pariwisata,” pungkas Rifki.

Sebelum menggelar Musyarawah, beberapa waktu lalu FOSIPA juga berkunjung ke Pacitan untuk menggelar sarasehan dalam konsep Maron Bussines Tourism Centre (MTBC). (RAPP002)