Indartato: 46,55 Persen Jalan di Pacitan Dalam Kondisi Baik

oleh -101.197 views
Foto ilustrasi Jalan utama di Bandar. (Foto: Pacitanku.com)
Jalan utama di Bandar, Pacitan.

Pacitanku.com, PACITAN –Bupati Pacitan Drs H Indartato MM mengatakan bahwa sebanyak 46,55 persen jalan dari total 798 kilometer jalan di Pacitan masuk kategori baik. Hal tersebut disampaikan Indartato saat menyampaikan pemaparan dalam seminar nasional ‘Pembangunan Potensi Wilayah Menuju Kemandirian Masyarakat Pacitan yang Kreatif, Inovatif, dan Produktif’, baru-baru ini di Pendopo Kabupaten Pacitan.

 “Khususnya jalan kabupaten dengan kondisi baik, tercatat sebanyak 46,55 persen dari total panjang jalan 798 km. Sedangkan rusak 53,44 persen dengan rincian rusak sedang 12,20 persen, rusak ringan 17,62 persen, dan rusak berat 23,62 persen,”katanya.

Dengan angka kerusakan sebanyak 53,44 persen, angka kerusakan jalan tersebut meningkat dari tahun 2016 lalu. Saat itu, berdasarkan data dari Dinas Bina Marga dan Pengairan Pacitan menyebut bahwa dari total jalan yang ada, sebanyak 349,8 kilometer atau 43,8 persen dalam kondisi rusak.




Sebagaimana diketahui, seminar nasional yang dibuka langsung Bupati Pacitan Indartato merupakan rangkaian peringatan Hari Jadi ke-272 Kabupaten Pacitan. Sejumlah tokoh penting lain juga hadir sebagai pembicara.

Antara lain Guru Besar Universitas Brawijaya Malang, Prof. Ir. H. Sudjito Soeparman, Ph.D dan Dosen Universitas Negeri Jakarta, Dr Soeprijanto, M. Pd. Hadir pula Universitas Brawijaya Malang Prof. Dr. Tatiek Sri Djatmiati, SH,MS, serta Prof. Dr. Sudijono Sastroatmojo, Guru Besar Universitas Negeri Semarang.

Meski angka jalan rusak yang masih cukup tinggi, namun disisi lain peta pertumbuhan ekonomi di Pacitan terbilang cepat. Hal itu terbukti di sepanjang tahun 2010-2015, pertumbuhan ekonomi menyamai rata-rata Provinsi Jatim. Dan mengalami akselerasi sampai tahun 2012.

Pola pertumbuhan ekonomi mengalami kelambatan pada Tahun 2013 dengan laju pertumbuhan secara umum di bawah Provinsi Jatim. “Meski begitu, indeks pembangunan manusia (IPM) di Pacitan terbilang cukup membanggakan, yaitu 64,92 persen. Jatim sebesar 68,95 persen dan nasional 69,55 persen,” ujarnya.

Saat ini, peringkat IPM Pacitan berada di nomor 29 dalam skala provinsi. Dia juga menyampaikan bahwa angka kemiskinan di level 16,68 persen atau setara 92.100 jiwa.”Karena itulah kami terus mengembangkan strategi guna mencapai sebuah tujuan, yaitu mensejahterakan masyarakat,” pungkasnya. (RAPP002)