Wuih, Ada Lowongan Pegawai PLN dan Dibuka Secara Online, Lekas Daftar Lur

oleh -1 Dilihat

Pacitanku.com, JAKARTA – Perusahaan PT PLN (Persero) meresmikan aplikasi rekrutmen pegawai secara dalam jaringan atau daring (online) melalui alamat rekrutmen.pln.co.id.

Kepala Satuan Komunikasi Korporat PLN I Made Suprateka dalam siaran pers di Jakarta, Sabtu (25/2/2017) mengatakan, aplikasi tersebut memudahkan para pelamar kerja dari segi jarak dan waktu, karena tidak harus datang mendaftar dan menyerahkan berkas lamaran secara langsung. “Cukup dengan mengunggah berkas lamaran yang diperlukan ke rekrutmen.pln.co.id, mereka sudah menjadi member ‘online’ aplikasi rekrutmen PLN,” katanya.

Menurut dia, berkas yang perlu disiapkan adalah “scan” atau “soft copy” KTP, ijazah, transkrip akademik, akte kelahiran, dan sertifikasi kemampuan Bahasa Inggris. Peluncuran aplikasi tersebut berlangsung di Jogja Expo, Yogyakarta, Sabtu bertepatan dengan Career Days UGM ke-21.

Kepala Divisi Pengembangan Talenta PLN Okto Rinaldi dalam sambutan saat pembukaan Career Days UGM mengatakan, PLN membuka rekrutmen demi menyukseskan program 35.000 MW. “Tahun 2019 adalah tahun realisasi 35.000 MW, seyogyanya hal ini sejalan dengan kesiapan sumber daya manusia yang ada di PLN. Kehadiran kami di sini dalam rangka regenerasi SDM untuk mendukung program 35.000 MW,” ujarnya.

Ia juga mengatakan, dengan aplikasi “online” bebas biaya itu dipastikan dapat meminimalkan kecurangan dan penipuan rekrutmen pegawai PLN. “Jalur yang perlu dilalui oleh pelamar hanya satu yakni lewat rekrutmen.pln.co.id dan tidak ada yang lain,” katanya.




Menurut dia, sistem rekrutmen baru itu diharapkan mempermudah PLN menjaring tenaga-tenaga kerja unggul, mengingat pada 2017 PLN membutuhkan tambahan 6.056 pegawai untuk mengejar rasio elektrifikasi pada 2019.

Pelamar dapat melakukan pendaftaran dan penyerahan berkas lamaran secara “online” mulai 25 Februari sampai 11 Maret 2017. “Tidak perlu datang ke Yogyakarta untuk membawa berkas, hanya tinggal membuka web rekrutmen.pln.co.id,” ujar Okto.

Menurut dia, tes seleksi diselenggarakan di tujuh kota yakni Yogyakarta, Makassar, Denpasar, Bandar Lampung, Pekanbaru, Balikpapan, dan Manado.

Selain meresmikan aplikasi rekrutmen “online”, pada Career Days, PLN bersama anak perusahaan akan memberikan pemaparan terkait profil perusahaan, tips dan trik mengikuti tes rekrutmen, dan tanya jawab dengan para pencari kerja.

PT Indonesia Power, PT PJB, dan PT PLN Enjiniring yang sedang membuka rekrutmen calon pegawai, juga berpartisipasi dalam acara itu. Pendaftaran dibuka hingga 2 Maret 2017 dengan mengirimkan dokumen persyaratan ke email [email protected] atau dapat mengunjungi website www.pln-enjiniring.com. (RAPP002)