Dosen Universitas Brawijaya Asal Pacitan Ajak Warga Perantauan Bangun Kampung Halaman

oleh -1.082 views
Indartato saat memberikan sambutan dalam acara silaturahi dengan warga perantau Pacitan. (Foto: Ronny Wahyono/FB)
Indartato saat memberikan sambutan dalam acara silaturahi dengan warga perantau Pacitan. (Foto: Ronny Wahyono/FB)

Pacitanku.com, PACITAN – Dosen Universitas Brawijaya Malang, Dr Sudjatno, MS mengajak seluruh warga Pacitan yang berada di perantauan untuk tidak melupakan kampung halaman. Menurut pria asal Pacitan ini, sudah selayaknya warga perantauan dari Pacitan dapat berkontribusi terhadap pembangunan di tanah kelahiran.

“Tujuannya ikut membantu membangun daerah agar lebih maju dan sejahtera, adapun peran serta itu diwujudkan dengan sumbangsih pemikiran maupun karya nyata,”kata Sujatno yang juga pegiat Paguyuban Warga Pacitan (PWP) ini, saat silaturahim dengan warga Pacitan perantauan di Pendopo Kabupaten, Jumat (24/2/2017) malam, dilansir laman Pemkab Pacitan.

Lebih lanjut, Sudjatno mengatakan bahwa semua elemen yang ada mengedepankan kebersamaan dalam membangun kampung halaman. Sebab tanpa kerjasama yang kuat, hal itu mustahil terwujud dengan baik. “Awal jalinan komunikasi ide antara warga perantauan dengan Pemerinta Kabupaten ini diharapkan berlanjut,”ungkapnya.

Atas rencana tersebut, Bupati Pacitan Indartato cukup senang. Dia menyampaikan terimakasih atas prakarsa PWP dalam ikut andil membangun Kabupaten Pacitan. Indartato berharap seminar yang akan dilaksanakan menghasilkan formula yang tepat bagi upaya percepatan pembangunan di daerah yang dipimpinnya.”Atas nama pemerintah daerah saya mengucapkan terimakasih. Semoga niat suci tersebut dapat terwujud,”tandasnya.

Salah satu rencana tindak lanjut tersebut adalah seminar nasional yang digelar hari ini, Sabtu (25/2/2017). Seminar yang digelar untuk menyemarakkan Hari Jadi Pacitan (Hajatan) ke-272 ini bertujuan memberi masukan bagi Pemkab Pacitan tentang program-program yang relevan dalam berbagai bidang pembangunan. Selain itu diharapkan hasil seminar ini bisa terbentuk forum komunikasi warga Pacitan di perantauan berbasis keeratan tali silaturahim.


Dalam seminar ini akan dihadirkan para tokoh dan pakar yang merupakan para perantau dari Pacitan,diantaranya adalah Dirjen Pembangunan & Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kementerian Desa, Pemberdayaan Desa Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia Prof. Achmad Errani, PhD.

Kemudian untuk kategori Bidang Sosial Budaya panitia menghadirkan Prof. H. Ahmad Sonhadji K.H., M.A. Ph.D. (Guru Besar Universitas Negeri Malang), Prof. Dr. Sudijono Sastroatmojo (Guru Besar Universitas Negeri Semarang), Dr. Soeprijanto, M.Pd.(Dosen Universitas Negeri Jakarta) dan Marwan S.Sos., MM. (Kepala Dinas Pendidikan Pacitan).

Untuk bidang ekonomi, panitia menghadirkan Prof. Ir. H. Sudjito Soeparman, PhD. (Guru Besar Universitas Brawijaya), Dr. Sudjatno, MS. (Dosen Universitas Brawijaya), Prof. Dr. Tatiek Sri Djatmiati, SH., MS. (Guru Besar Universitas Airlangga) dan Drs. Heru Sukresno, MM. (Kepala BPKAD Pacitan).

Selain dua bidang tersebut, juga ada bidang Pertanian dan Perikanan yang menghadirkan Prof. Ir. Marsoedi,Ph.D. (Guru Besar Universitas Brawijaya), Dr. Ir. Purnama Hidayat, MSc. (Dosen IPB), Dr. Bambang Tri Rahardjo, SU. (Dosen Universitas Brawijaya) dan Ir. Pamuji, MP (Kepala Dinas Pertanian).

Hingga berita ini diturunkan, seminar nasional tersebut masih berlangsung di Pendopo Kabupaten. (RAPP002)