Bupati Pacitan Harapkan Semua Unsur Sukseskan Gerakan Tanam Cabai

oleh -560 views
Bupati Indartato bersama istri saat pencanangan Segera Tancab, Jumat kemarin. (Foto: Humas Pemkab Pacitan)
Bupati Indartato bersama istri saat pencanangan Segera Tancab, Jumat kemarin. (Foto: Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Bupati Pacitan Drs H Indartato MM berharap semua unsur di masyarakat Pacitan menyukseskan gerakan Semua Gerak Tanam Cabai (Segera Tancab). Hal itu disampaikan disela agenda peluncuran Segera Tancap di Desa Nanggungan, Kecamatan Pacitan, Jumat kemarin.

Dikatakan Indartato, dirinya  berharap program tersebut dilaksanakan terus menerus. Apalagi sejumlah daerah di Kabupaten Pacitan sudah terbukti sukses dengan Program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL). Nantinya, pelaksanaan program Segera Tancab dapat dipadukan dengan KRPL.

“Ini (Desa Nanggungan) hanya permulaan saja. Nantinya saya harapkan dapat dikembangkan ke seluruh wilayah kecamatan. Tentu saja dengan melibatkan banyak unsur, termasuk PKK dan Dharma Wanita,”katanya, sebagaimana dikutip dari laman Pemkab Pacitan.

Selain itu, Indartato menilai bahwa prgram Segera Tancab ini adalah untuk mengurangi beban permintaan pasar. Disisi lain, gerakan yang satu ini diharapkan juga dapat memenuhi kecukupan pangan keluarga.”Terlebih dalam beberapa bulan kedepan Ramadhan akan tiba. Dan sesuai tradisi, permintaan akan kembali meningkat,”tandasnya lagi.




Senada dengan Indartato, Ketua DPRD Ronny Wahyono yang juga hadir pada kegiatan tersebut mengungkapkan, jika kemudian hasilnya baik, dengan sendirinya, kebutuhan akan terpenuhi. Dampaknya permintaan terhadap pasar juga akan menyusut. Sebab sesuai hukum pasar, stok barang sedikit maka harga akan naik.”Hukum ekonomi akan berlaku. Dimana harga menyesuaikan dengan jumlah barang,”katanya.

Dia berharap, gerakan tersebut diupayakan untuk dikembangkan ke semua wilayah. Tidak harus pada rumah tangga dengan pekarangan luas. Tetapi juga dapat dikembangkan pada lahan sempit dengan teknik penanaman tertentu.

Sebagai informasi, Segera Tancab merupakan sebuah gerakan dari pusat dan dicanangkan sejak bulan November 2016 lalu. Salah satu tujuan utamanya untuk menekan harga komoditas cabai yang tidak terkendali. Dimana saat ini harganya menyentuh angka Rp 135 ribu per kilogram. (RAPP002)