Begini Cara Gunakan Fitur “Status” WhatsApp

oleh -8 Dilihat

Pacitanku.com, PACITAN – Bertepatan dengan ulang tahunnya yang kedelapan pada 24 Februari kemarin, WhatsApp menghadirkan fitur baru, yakni Status. Dengan fitur ini, pengguna bisa memajang foto, video pendek, dan GIF sebagai statusnya. Status itu pun bakal hilang dalam 24 jam.

Snapchat lagi-lagi jadi sumber inspirasi bagi para pesaingnya. Kini WhatsApp yang lebih dikenal sebagai aplikasi pesan instan segera meluncurkan fitur baru bernama Status yang begitu mirip dengan layanan utama Snapchat.

“Mulai hari ini, kami akan menggulirkan sebuah update berupa status untuk berbagi foto dan video dengan teman dan kontak di WhatsApp dengan mudah dan aman,” tulis CEO WhatsApp Jan Koum dalam blog perusahaan.

Melansir Digital Trends, fitur Status merupakan cara berbagi momen pengguna WhatsApp dalam bentuk foto, video, maupun GIF. WhatsApp juga menegaskan foto dan video yang dibagikan melalui Status terenkripsi.




Dengan kata lain, fitur ini adalah jiplakan langsung dari Snapchat. Facebook, perusahaan yang membawahi WhatsApp, sebelumnya telah sukses meniru fitur serupa untuk Instagram lewat Stories.

Fitur Status ini dikabarkan akan berada di antara tab ‘Calls’ dan ‘Chats’. Cara kerja Status ini sama dengan Stories di Instagram. Ungkapan momen seorang pengguna bisa dibagi ke semua kontak, grup, atau beberapa orang yang dipilih saja.

Fitur tersebut bisa didapat pada ponsel Andorid atau iPhone. Para pengelola menjamin keamanannya. “Kami memakai enkripsi end-to-end,” kata CEO WhatsApp Jan Koum dalam blog perusahaan.

Lalu, bagaimana cara mengaktifkan fitur itu? Pertama, Anda harus memperbarui aplikasi WhatsApp melalui Google Play Store (Android) atau Apple App Store (iOS). Begitu pembaruan dilakukan, tombol Status akan muncul di antara Chats dan Call pada ponsel Andorid.

Anda kemudian tinggal menyentuh tombol itu untuk membuat status baru. Di dalamnya, akan ada pilihan My Status dan status terbaru dari kontak Anda.

Bila memilih My Status, Anda akan langsung dibawa ke laman untuk membuat status baru. Bisa memakai foto, video, atau video pendek (GIF) dari penyimpanan. Status juga bisa dihias sesuai dengan kehendak pengguna dengan diberi emoji atau tulisan.

Sebagaimana layaknya tampilan pada Instastory, Whatsapp status story ini juga mampu menampilkan pelengkap emoticon, tulisan, hingga drawing yang semakin mempermanis gambar atau video anda. Setelah itu, anda dapat langsung menekan tombol kirim (send) agar status anda terkirim.

Melalui keterangan viewed, anda akan dapat melihat berapa jumlah kontak yang melihat status anda dan siapa saja mereka. Tampilan status tersebut, akan bertahan selama 24 jam di story anda. Sehingga, anda akan bisa melakukan update terbaru tiap harinya.

Sementara itu, jika anda ingin mengetahui status dari pengguna lainnya, anda cukup perlu klik tab Status. Melalui tab itu, anda akan dapat melihat status dari pengguna Whatsapp yang terdapat di dalam daftar kontak anda.

Anda pun juga dapat mengatur privasi siapa saja yang dapat melihat status anda. Caranya, saat anda mengklik tab Status, maka klik tiga titik di bagian kanan atas, lalu klik Status Privacy. Dengan begitu, anda dapat memilih status anda dapat dilihat oleh semua daftar kontak, semua daftar kontak kecuali, ataupun hanya kepada kontak tertentu yang anda inginkan.

Fitur Status sengaja diperkenalkan bertepatan dengan ulang tahun ke-8 WhatsApp sebab ketika muncul pertama kali aplikasi ini hanya tempat berbagi status. Seiring waktu, mereka bermanuver menjadi aplikasi pesan instan. (RAPP002)