Bikin Karya Tulis Limbah dan Drainase, Siswi SMPN I Pacitan ini Jadi Duta Sanitasi Indonesia 2016

oleh -101.650 views
Trisnania Faris Adam Juara Sanitasi Nasional. (Foto: Imam Suroso/Apakabar.co.id)
Trisnania Faris Adam Juara Sanitasi Nasional. (Foto: Imam Suroso/Apakabar.co.id)
Trisnania Faisa Adam Juara Sanitasi Nasional. (Foto: Imam Suroso/Apakabar.co.id)

Pacitanku.com, PACITAN – Masih muda, peduli lingkungan dan juga prestatif. Itulah yang tergambar dari sosok Trisnania Faisa Adam, gadis berusia 13 tahun ini telah berkiprah di ajang nasional yang sangat membanggakan.

Walaupun masih duduk di bangku SMPN 1 Pacitan kelas VIII namun ia telah menjadi Duta Sanitasi (Dusan) yang mewakili Jawa Timur hingga menjadi juara sebagai Dusan Indonesia 2016.

“Kisah yang saya lalui sampe menjadi juara Dusan ini berawal dari seleksi di tingkat kabupaten sejak kelas 7. Disitu saya banyak dibekali soal limbah dan drainase dari itu saya kembangkan jadi karya tulis,” kata Trisna, baru-baru ini.

Setelah menjadi juara tingkat Pacitan, ia lantas mengikuti seleksi tingkat provinsi. “Saya ke Surabaya kumpul sama temen-temen untuk menjalani tes tingkat provinsi yang akhirnya terpilih dan terus menuju tingkat nasional di Jakarta,” jelasnya.

Tak berhenti disitu, ia pun melaju ke pemilihan Dusan tingkat nasional dan berhasil menjadi juara favorit tahun 2016. Usai terpilih menjadi Dusan Indonesia 2016, ia kini lebih banyak melakukan kegiatan-kegiatan berupa sosialisasi dengan metode bercerita atau mendongeng yang difokuskan pada anak Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah.




“Kalau di Pacitan biasanya dilakukan sosialisasi sambil jalan keliling dengan mencontohkan daur ulang dan juga melalui media sosial. Untuk selanjutnya sebagai Dusan ia akan melakukan program-program agar semuanya bisa terlaksana dengan baik.

Di samping itu Trisna juga berharap pada masyarakat agar selalu menjaga lingkungan sekitarnya untuk terciptanya lingkungan yang sehat dan bersih. Tak hanya itu, ia uga mengingatkan kiat 3R (Reduce Reuse dan Recycle) yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

Sebagai informasi, Direktorat Jenderal (Ditjen) Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyelenggarakan kegiatan Jambore Sanitasi ke-7 dengan tema “Sanitasi Aman, Belajarku Nyaman” pada 3-9 Agustus 2016 lalu di Jakarta. Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat akan pentingnya sanitasi.

Jambore Sanitasi 2016 ini diikuti oleh 204 Duta Sanitasi yang berasal dari seluruh provinsi di Indonesia yang terpilih melalui kegiatan lomba poster dan lomba karya tulis bagi siswa-siswi tingkat SMP.

Sumber: Apa Kabar