GMNI Pacitan Nilai Jokowi-JK Belum Optimal Wujudkan Nawacita

oleh -131.332 views

JokowiPacitanku.com, PACITAN – Mahasiswa dari Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI)  Kabupaten Pacitan menilai dua tahun berjalannya pemerintahan Presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla pada Kamis (20/10/2016) hari ini dinilai belum mengoptimalkan mewujudkan cita-cita trisakti Bung Karno seperti yang tertuang dalam janji kampanye Jokowi-JK dalam nawacita.

“Nawacita yang merupakan penjabaran dari trisakti merupakan harapan besar bagi rakyat indonesia, namun faktanya konsepsi trisakti dalam nawacita tersebut sampai dua tahun berjalannya pemerintahan ini masih belum tercapai secara maksimal sebagaimana yang dicita-citakan,”kata ketua DPC GMNI Pacitan, Helmy Yusuf Evendi dalam siaran pers yang diterima Pacitanku.com, Kamis.

Menurut Helmy, salah satu faktor belum maksimalnya kinerja pemerintahan Jokowi-Jk selama dua tahun ini adalah implementasi nawacita yang sampai saat ini dinilai belum dilaksanakan dengan baik.




“Implementasi nawacita dan paket kebijakan tersebut haruslah dilaksanakan sampai tingkat daerah sehingga sinergisitas nasional dapat terjalin,”katanya.

Atas kondisi itu, Helmy menyampaikan bahwa GMNI Pacitan meminta Pemerintah Kabupaten Pacitan untuk tetap melaksanakan nawacita yang bernafaskan trisakti sebagai upaya untuk membangun Pacitan yang lebih baik dan sebagai wujud peran serta dalam mewujudkan cita-cita nasional.

Sebagaimana diketahui, pada dua tahun pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla diwarnai berbagai penilaian atas kinerja Kabinet Kerja. Penilaian ini membuat popularitas pemerintah naik-turun. Akibat tekanan yang muncul, pengambil kebijakan cenderung melahirkan keputusan yang responsif dan reaksional demi menjaga popularitas, tanpa basis yang kuat.

Bahkan, kebijakan-kebijakan di bidang ekonomi menimbulkan kontroversi, seperti mencabut subsidi BBM. Banyak kalangan menilai pemerintahan Jokowi belum mampu atasi gejolak perlambatan ekonomi global. (RAPP002)