Ke Pacitan, Pangdam V Brawijaya Ajak Ulama dan Tokoh Jadi Filter Isu Menyesatkan

oleh -13621 views
Pangdam V Brawijaya Kunjungi Pacitan. (Foto: Penrem081)
Pangdam V Brawijaya Kunjungi Pacitan. (Foto: Penrem081)
Pangdam V Brawijaya Kunjungi Pacitan. (Foto: Penrem081)

Pacitanku.com, PACITAN – Paglima Komando Daerah Militer (Kodam) V Brawijaya Mayor Jenderal TNI I Made Sukadana mengajak segenap komponen bangsa, terutama para ulama dan tokoh masyarakat untuk menjadi filter untuk mencegah meluasnya isu menyesatkan di masyarakat.

Hal tersebut disampaikan I Made Sukadana saat menggelar silaturahmi dengan Komponen masyarakat dan Keluarga Besar TNI di wilayah Komando Distrik Militer (Kodim) 0801/Pacitan di Pendopo Kabupaten Pacitan, Selasa malam (18/10/16). 

“Sebagai komponen bangsa harus mampu menjaga dan memelihara integritas wilayah agar senantiasa tetap dalam keadaan kondisi aman, tentram dan tertib, stabilitas di pacitan sangat menentukan dan berpengaruh bagi terciptanya stabilitas nasional di daerah,”jelasnya.

Menurut I Made Sukadana, saat ini Indonesia sedang mengalami permasalahan yang sangat serius yaitu berupa ancaman terhadap persatuan dan kesatuan bangsa serta rendahnya wawasan kebangsaan.

“Kondisi ini memerlukan perhatian dari berbagai komponen bangsa. Kondisi wawasan kebangsaan yang dihadapi saat ini cenderung memudar atau memprihatinkan,”ujarnya.




Sehingga, atas kondisi tersebut, ikatan nilai kebangsaan yang berhasil mempersatukan bangsa sudah mulai longgar.”Untuk itu pemahaman dan penghayatan terhadap wawasan kebangsaan perlu disegarkan kembali,”tegas I Made Sukadana.

Untuk itu, sebagai peran controling, I Made Sukadana mengajak para ulama dan tokoh masyarakat yang ada di pacitan bisa menjadi filter guna mencegah meluasnya berbagai isu menyesatkan di masyarakat.

“Kami juga menghimbau dan mendorong semua pihak jujur terhadap tujuan perdamaian atau jangan ada lagi penyalahgunaan perdamaian untuk tujuan lain. Tujuannya agar bersama-sama dapat menciptakan kondisi aman, nyaman, dan rasa keadilan dalam kehidupan bermasyarakat.

I Made Sukadana berpesan agar para tokoh-tokoh ini bisa menyisipkan beberapa pesan moral, nilai-nilai kebangsaan dan cinta tanah setiap kali berceramah dan berdakwah di depan masyarakat.

Dalam kesempatan silaturahmi tersebut, hadir Pangdam V Brawijaya Mayjend TNI I Made Sukadana dan Dyah Ayu I Made Sukadana. Juga turut hadir Asops Kasdam V Brawijaya Kolonel Infanteri Whasington S beserta jajaran.

Kemudian juga turut hadir Bupati Pacitan Indartato, Komandam Kodim 0801/Pacitan Letkol Infanteri Yudhi Diliyanto, para Danramil dan juga komponen masyarakat pacitan terdiri dari tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda serta keluarga besar TNI yang berada di wilayah Pacitan. (Penrem081/RAPP002)