5 Rumah tak Layak Huni di Pelosok Tegalombo Diperbaiki TNI di TMMD ke 97

oleh -706 views

rtlh-tmmd-pacitan-4-300x200Pacitanku.com, TEGALOMBO – Sebanyak lima unit rumah tak layak huni (RTLH) uang tersebar di Dusun Grigak, Desa Kemuning, Kecamatan Tegalombo menjadi sasaran rehab Tentara Nasional Indonesia (TNI) dalam TMMD ke 97 mulai Senin (26/9/2016) kemarin.

Salah satu rumah yang direhab adalah milik Tukimin, warga RT/RW 06/II Dusun Grigak, dimana kondisi pagar rumah yang sudah lapuk dengan lantai dari tanah yang kondisinya selalu basah dan sangat memprihatinkan.“Satgas TNI bersama warga setempat, untuk pengerjaan rehab rumah tersebut,”kata Danramil 0801/04 Tegalombo Kapten Inf Sunarji.

“Kondisi rumah seperti milik Tukimin banyak tersebar di Desa Kemuning Khusus di Dusun Grigak, terdapat 5 rumah yang menjadi sasaran Rehab yang akan dikerjakan pada TMMD Ke-97 ini,”imbuh Sunarji lagi.

Tukimin sendiri merasa senang dengan adanya rehab rumahnya yang mengalami kerusakan di beberapa titik. “Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada bapak Tentara yang mau merehab rumah saya.” ucapnya terharu.

Sebagaimana diketahui, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan dan Komando Distrik Militer (Kodim) 0801 Pacitan, Jawa Timur, bekerja sama membangun infrastruktur dan fasilitas umum di daerah terpencil yang dibutuhkan masyarakat.

TMMD merupakan lanjutan Program ABRI masuk desa yang dimulai sejak tahun 1980. TMMD ini merupakan program lintas sektoral dengan sasaran daerah terpencil atau daerah yang wilayahnya belum maju.

Desa Kemuning dipilih karena merupakan daerah terisolir dan sarana prasarananya masih minim, utamanya pada infrastruktur jalan. Oleh karena itu pembangunan akses jalan diprioritaskan.

Di desa terpencil tersebut, tidak hanya akan dibangun infrastruktur jalan desa, tetapi juga akan dibangun infrastruktur lainnya seperti jembatan, jaringan irigasi serta fasilitas umum lainnya yang dibutuhkan masyarakat setempat.

TMMD ke-97 TA 2016 ini mengusung tema “Dengan Semangat Kemanunggalan dan Kerjasama Lintas Sektoral, Dan Lintas Komponen Bangsa, Kita Tingkatkan Percepatan Pembangunan di Daerah Guna Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat”.

Dalam TMMD ini, TNI yang tergabung dalam Satgas TMMD akan menginap di rumah penduduk untuk lebih mendekatkan diri secara emosional dengan warga. Dalam program ini TNI bekerja bersama rakyat. (RAPP002)