Desa Nogosari Pacitan Masuk Nominasi Lomba Gerak PKK Nasional

oleh -131.435 views

35_UP2k NogosariPacitanku.com, PACITAN – Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Desa Nogosari, Kecamatan Ngadirojo, Pacitan, menjadi nominasi lima besar lomba Gerak PKK 2016 tingkat Nasional. PKK Nogosari mewakili Provinsi Jawa Timur dan bersaing dengan empat tim PKK dari berbagai daerah di Indonesia.

Ketua Tim Penilai Lomba Gerak PKK 2016 tingkat Nasional, Irene Rosalinda, mengatakan ada lima tim penggerak PKK dari berbagai daerah yang masuk dalam nominasi lomba Gerak PKK 2016. Salah satu nomine yaitu tim PKK Desa Nogosari.

Dia mengatakan saat ini sedang melakukan pemantauan dan melihat secara langsung kegiatan yang ada di tim PKK tersebut. Pengecekan langsung ini menjadi salah satu bagian penilaian untuk melihat apakah program yang diajukan ke pusat benar-benar dilakukan atau tidak.

“Tim penilai melakukan ferivikasi di PKK Desa Nogosari untuk membuktikan apakah program yang dilaporkan tersebut benar-benar dilaksanakan atau tidak. Ferivikasi ini dilakukan untuk tim PKK yang sudah masuk lima besar,” jelas dia sebelum melakukan penilaian di Desa Nogosari, Selasa (6/9/2016).

Dia menyampaikan setelah dilakukan ferivikasi tersebut akan ditentukan untuk juara pertama, kedua, dan ketiga dalam lomba yang diselenggarakan Tim Penggerak PKK Pusat. Nantinya setiap pemenang akan mendapat piagam penghargaan dan uang pembinaan.

Menurut dia, PKK Nogosari ini menjadi salah satu nomine dalam lomba ini karena program-program yang ada dianggap menarik dan bisa mensejahterakan masyarakat. Tim PKK Nogosari telah lolos dalam babak sebelumnya yaitu dalam bidang administrasi, program pencegahan kekerasan dalam rumah tangga, kelompok UP2K, dan pemanfaatan hasil toga.

Irene menuturkan tim PKK desa Nogosari juga telah melakukan pengemasan terhadap produk-produknya secara baik dan higienis serta telah mendapat lisensi dari Dinas Kesehatan setempat. “Ini ada sembilan orang dari tim penilai yang akan melakukan ferivikasi di tim PKK Nogosari, anggota tim penilai akan mencatat dan menilai hasil produk tim PKK Nogosari,” terang dia.

Ketua Tim Penggerak PKK Pacitan, Luki Indartato, mengatakan berharap Pacitan bisa menjadi juara dalam Lomba Gerak PKK 2016 tingkat Nasional. Dia menuturkan sejak 2015, tim PKK Nogosari mempersiapkan berbagai hal untuk perlombaan ini. (RAPP002/Riz)