Salah Identitas, 1 CJH Pacitan Tertunda Berangkat ke Tanah Suci

oleh -101.165 views
Pemberangkatan haji Pacitan. (Foto: Polres Pacitan)
Pemberangkatan haji Pacitan. (Foto: Polres Pacitan)
Pemberangkatan haji Pacitan. (Foto: Polres Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Calon jamaah haji (CJH) yang bermasalah dengan visa masih saja terjadi. Kali ini menimpa Lulut Fauziah CJH asal Pacitan. Gara-gara bermasalah dengan visa, perempuan asal Desa Bangunsari, Kecamatan Pacitan itu tertunda keberangkatannya ke Tanah Suci. Kesalahan pada visa Lulut cukup vital, karena terdapat salah identitas.

Dalam visa Lulut tercantum jenis kelamin laki-laki. Padahal yang bersangkutan adalah perempuan. Foto yang terpasang dia visa juga berbeda dengan wajahnya. Karena ketidaksamaan tersebut, Lulut batal berangkat bareng rombongan kloternya. ‘’Harus stay di Asrama Haji Sukolilo, Surabaya untuk sementara waktu. Sampai proses pengurusan visanya selesai,’’ jelas Plt Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Pacitan M Nurul Huda melalui sambungan telepon, kemarin (15/8).

Huda menambahkan, selain Lulut, jamaah asal Pacitan bernama Markamah juga tertunda pemberangkatannya. Markamah adalah ibunda dari Lulut yang terdaftar dalam kloter sub-14. Markamah memutuskan menunda keberangkatannya karena ingin menemani anaknya hingga visanya beres. ‘’Untuk jamaah bernama Markamah sebenarnya tidak ada masalah dengan visa. Tapi karena dia berangkat haji bersama anaknya, jadi menunggu sampai pengurusan visa Lulut selesai,’’ katanya.

Terkait masalah visa tersebut, Huda menyampaikan kepada pihak keluarga Lulut dan Markamah di Pacitan untuk tetap tenang. Mereka dipastikan tetap akan diberangkatkan haji. Hanya saja kapan waktunya hingga sekarang masih belum bisa ditentukan. ‘’Berapa hari proses perbaikan visa itu selesai, kami sendiri tidak tahu. Tapi, mereka tetap akan kami berangkatkan haji,’’ ungkap pria yang juga menjabat sebagai Kasi Pendidikan Madrasah (Penma) Kemenag Pacitan tersebut.

Sementara itu, pemberangkatan 166 jamaah haji asal Pacitan lainnya relatif lancar. Mereka berangkat ke Tanah Suci naik pesawat dengan nomor penerbangan SV5111 sekitar pukul 12.00. Dan, diperkirakan mendarat di Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah, Arab Saudi sekitar pukul 19.05. ‘’Untuk jamaah haji lainnya semua lancar,’’ tuturnya. (her/yup/RAPP002)

Sumber: Radar Madiun