Korsleting Diduga Jadi Penyebab Terbakarnya Mobil Kodim 0801 Pacitan

oleh -10753 views

Pacitanku.com, PACITAN – Korsleting di bagian kelistrikan mobil diduga menjadi penyebab terbakarnya mobil operasional dengan nomor 7301 V milik Komando Distrik Militer Wilayah Pacitan, Selasa (9/8/2016) sekitar pukul 10.00 WIB di Jalan Gatot Subroto, Baleharjo, Pacitan.

Informasi yang dihimpun Pacitanku.com, api yang diduga berasal dari korsleting arus pendek membakar bagian atap kendaraan serta jok mobil ikut hangus. Mobil dinas tersebut terbakar di bagian atap mobil dan kemudian menyebar ke seluruh bagian mobil.

Namun demikian, sebelum mobil terbakar habis, kobaran api dari dalam mobil berhasil dipadamkan oleh dua unit mobil pemadam kebakaran. Namun bagian interior mobil berwarna hijau tua tersebut hangus dibakar si jago merah.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya di Pacitanku.com, menurut keterangan saksi mata, Muhammad Bahroni di tempat kejadian menuturkan bahwa kronologi terbakarnya kendaraan tersebut bermula saat mobil dengan penumpang para istri anggota TNI dari Kodim Pacitan tersebut hendak melakukan takziyah. Mobil tersebut membawa penumpang sebanyak 10 orang yang akan menuju ke Banjarsari, Kecamatan Pacitan.




“Awalnya saat berangkat dari Markas Kodim kendaraan tak ada kendala, namun saat tiba di perempatan Jalan Gatot Subroto, tetiba muncul kepulan asap dari daerah kabin mesin,”ungkapnya.

Setelah terjadi kepulan asap, pengemudi mobil tersebut bermaksud memperbaiki kerusakan penyebab kepulan asap tersebut di tepi jalan, atau di area dealer pabrik sepeda motor di Kelurahan Baleharjo.

Saat itu, seluruh penumpang yang ada di mobil tersebut diminta keluar untuk menyelamatkan diri. Selanjutnya, kata Bahroni, mobil tersebut dibawa ke halaman dealer tersebut. Warga yang ada di lokasi langsung membantu untuk menolong dengan menyemprotkan alat pemadam ringan ke bagian dalam mobil. Namun, justru api semakin besar dan langsung membakar interior mobil.

Dia mengatakan karena menggunakan alat pemadam ringan, maka tidak membuahkan hasil dan justru api semakin besar. Akhirnya, dua mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk menjinakkan api. Dan setelah petugas menyemprotkan air ke dalam mobil, api pun bisa dipadamkan. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran ini. (RAPP002)