4 Surfer Andalan Tuan Rumah akan Bertanding di Hello Pacitan 2016

oleh -101.513 views
Aksi Salini menaklukkan ombak (Foto : surfer grirls)
Aksi Salini menaklukkan ombak (Foto : surfer grirls)

Pacitanku.com, PACITAN – Sebanyak empat atlet selancar atu surfer andalan tuan rumah Pacitan dipastikan akan ikut berkompetisi dalam gelaran Internasional Asian Surfing Championship (ASC) pada tanggal 17-20 Agustus 2016. Kompetisi selancar tingkat dunia yang bertajuk Hello Pacitan 2016 Flaming of the Sea ini direncanakan berlangsung di Pantai Pancer Door Pacitan.

Peserta kompetisi selancar ini dari berbagai negara di Asia dan Eropa. Untuk Pacitan sendiri direncanakan menerjunkan empat orang peselancar berbakat yang telah lolos seleksi dalam kompetisi ini.


Atlet surfing dari Pacitan, yang mengikuti kompetisi tersebut ada empat orang yaitu Agus, Supriyadi, Ryan, dan Salini Rengganis untuk kategori divisi wanita. Empat peselancar tersebut merupakan atlet terbaik yang dimiliki Pacitan dan mereka sudah lolos seleksi dan bisa mengikuti ajang tersebut.“Empat peselancar itu hanya mewakili Pacitan,” ujar Khoirul Amin, koordinator panitia Hello Pacitan 2016.

Kompetisi ini merupakan kontes tahapan kelima dalam tour ASC 2016 dengan tingkat 2 divisi pria dan tingkat 1 divisi wanita yang akan menarik para surfer terbaik di asia untuk bersaing di spot surfing terbaik di Jawa Timur yakni Pacitan.

Tak tanggung-tanggung, gelaran ini mengandeng lima Kementerian dan BUMN diantaranya yaitu Menteri Pariwisata, Menteri Pemuda dan Olah Raga, Menteri Perindustrian, Menteri Koperasi dan Umkm, Menteri Kelautan dan Perikanan serta dari Pertamina.

Hello Pacitan 2016 sendiri digelar untuk mempromosikan pariwisata khususnya daerah Pacitan ini sendiri, bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Pacitan, Vidya Ciptapradana dengan kolaborasi pengatur acara Red Eye Movement dan Vidya Com yang dimana acara ini disaksikan oleh badan surfing se Asia, Asian Surfing Championship (ASC).

Kompetisi akan digelar di spot terbaik Pacitan yakni Pancer yang memiliki left hander sempurna yang memungkinkan para kontestan nantinya untuk bermanuver dan menunjukan kualitas surfing mereka. Pacitan merupakan salah satu daerah pantai di Jawa Timur yang memiliki cukup banyak spot istimewa untuk surfing.




Seperti misalnya Watukarung dan Srau, dimana pantai ini pernah mendapat kunjungan surfing dari banyak surfer hebat Indonesia maupun dunia seperti Rizal Tanjung, Marlon Gerber, Pepen Hendrik, Kelly Slater dan lainnya.

Rencananya, Rijal Tanjung, Marlon Gerber dan Pepen Hendrik dipastikan mereka akan ikut bersaing di kompetisi “Flaming of the Sea“. Selain mereka akan ada juga beberapa surfer lokal berbakat asal Pacitan dan juga surfer asal negara lain. (DPPP001)