Peselancar Terbaik akan Semarakkan Lomba Surfing Hello Pacitan 2016

oleh -101.387 views

Pacitanku.com, PACITAN – Ajang kompetisi tingkat internasional bertajuk Hello Pacitan 2016 “Flaming of the sea” kembali akan digelar di Pantai Pancer, Pacitan pada 17 – 21 Agustus 2016.

Kompetisi ini merupakan kontes tahapan kelima dalam tour ASC 2016 dengan tingkat 2 divisi pria dan tingkat 1 divisi wanita yang akan menarik para surfer terbaik di asia untuk bersaing di spot surfing terbaik di Jawa Timur yakni Pacitan. Tak tanggung-tanggung, gelaran ini mengandeng lima Kementerian dan BUMN diantaranya yaitu Menteri Pariwisata, Menteri Pemuda dan Olah Raga, Menteri Perindustrian, Menteri Koperasi dan Umkm, Menteri Kelautan dan Perikanan serta dari Pertamina.

Hello Pacitan 2016 sendiri digelar untuk mempromosikan pariwisata khususnya daerah Pacitan ini sendiri, bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Pacitan, Vidya Ciptapradana dengan kolaborasi pengatur acara Red Eye Movement dan Vidya Com yang dimana acara ini disaksikan oleh badan surfing se Asia, Asian Surfing Championship (ASC).

Diikuti Surfer Kelas Internasional

rizal tanjungKompetisi akan digelar di spot terbaik Pacitan yakni Pancer yang memiliki lefthander sempurna yang memungkinkan para kontestan nantinya untuk bermanuver dan menunjukan kualitas surfing mereka. Pacitan merupakan salah satu daerah pantai di Jawa Timur yang memiliki cukup banyak spot istimewa untuk surfing.

Seperti misalnya Watukarung dan Srau, dimana pantai ini pernah mendapat kunjungan surfing dari banyak surfer hebat Indonesia maupun dunia seperti Rizal Tanjung, Marlon Gerber, Pepen Hendrik, Kelly Slater dan lainnya.




Rencananya, Rijal Tanjung, Marlon Gerber dan Pepen Hendrik dipastikan mereka akan ikut bersaing di kompetisi “Flaming of the Sea“. Selain mereka akan ada juga beberapa surfer lokal berbakat asal Pacitan dan juga surfer asal negara lain.

Pacitan Geopark Fair dan Lari Merdeka

Untuk menyemarakkan agenda kompetisi, panitia setempat juga menggelar Pacitan Geopark Fair yang akan menampilkan produk-produk unggulan, kuliner tradisional  serta seni dan budaya lokal, waktu pelaksanaan kegiatan ini akan dilaksanakan pada bulan Agustus tepatnya tanggal 17 – 21 Agustus 2016. Salah satu acara pendamping yang cukup diminati adalah lari merdeka, yang akan dilaksanakan pada 21 Agustus 2016.

Lari merdeka merupakan kegiatan yang lari sejauh 5 km dengan rute mengitari kota-kota di pacitan, kenapa.dikatakan lari merdeka karena kegiatan ini bertepatan dengan perayaan hari kemerdekaan RI yang ke 71, lari merdeka 2016 diharuskan untuk menggunakan kostum yang unik bertema kemerdekaan RI ke 71.

Selain lari merdeka, juga ada Pacitan Geopark Fair dan Pacitanian Tournament. Kegiatan tersebut ditutup dengan “Make it Bright Environment Friendly Program” yaitu berupa kegiatan gotong royong membersihkan pantai yang telah  digunakan sebagai lokasi acara selama empat hari dengan tujuan agar tercipta kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan dan keindahan pantai di Pacitan. (RAPP002)