Rombongan Lasenas Kunjungi Rumah Gerilya Jenderal Soedirman di Nawangan

oleh -320 views
Rumah Gerilya Jenderal Soedirman (Foto : Dok.Pacitanku)
Rumah Gerilya Jenderal Soedirman (Foto : Dok.Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN — Rombongan Lawatan Sejarah Nasional (Lasenas) XIV bertolak dari Yogyakarta menuju Dusun Sobo, Desa Pakis Baru, Kecamatan Nawangan, Pacitan, Jawa Timur. Di tempat tersebut, peserta akan mengunjungi rumah sekaligus markas Jenderal Soedirman selama memimpin perang gerilya melawan Belanda.

“Dengan mengunjungi tempat ini peserta bisa melihat secara langsung dan merasakan suasana perjuangan Jenderal Soedirman ketika bergerilya,” kata Kepala Sub Direktorat Sejarah Nasional Kementerian Pendidikan Kebudayaan Amurwani Dwi Lestariningsih, Rabu (27/7) kemarin, dilansir Republika.


Soedirman menetap di Sobo selama tiga bulan. Ini merupakan waktu terlama Soedirman bermukim di suatu daerah semasa gerilya. Amurwani mengatakan, Soedirman memilih lokasi Sobo karena terpencil untuk menghindari pantauan Belanda. Lokasi Sobo terletak di atas perbukitan dan terlindung hutan belantara.

Sejak 1 April hingga 7 Juli 1949, Soedirman tinggal di rumah warga setempat yakni Karsosemito. Warga Sobo juga membantu tentara Indonesia dengan menyediakan makanan pokok. (RAPP002)