Lebaran, Pendopo Pacitan Terbuka 24 Jam untuk Masyarakat

oleh -101.749 views
Pendopo Kabupaten Pacitan
Pendopo Pemerintah Kabupaten Pacitan. (Foto: Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Hari Raya Idul Fitri, dimanfaatkan Bupati Pacitan, Indartato untuk berkumpul bersama dengan warga. Pendopo Bupati Pacitan yang terletak di Jalan  Jaksa Agung Suprapto Nomor 8, Pacitan, Kecamatan Pacitan dibuka selama 24 jam terbuka untuk masyarakat.

Melalui open house, warga dapat bertemu langsung dengan orang nomor satu di Pacitan. Berdasarkan pantauan Radio Republik Indonesia, warga Pacitan rela antri menunggu giliran berjabat tangan dengan Bupati Indartato. Tingginya animo masyarakat, juga terlihat dari aneka sajian makanan yang dihidangkan seperti bakso dan mie ayam langsung ludes.

Bupati Indartato mengatakan pendopo adalah rumah rakyat. Berbagai aktivitas pemerintahan untuk masyarakat, berpusat di pendopo.“Pendopo adalah rumah untuk rakyat. Artinya ada dua sisi yakni melayani dan dilayani. Melayani, yakni merumuskan masalah sehingga pendopo adalah rumah rakyat,” ujar Bupati Indarto, kepada Radio Republik Indonesia, Rabu (6/7/2016).




Bupati Indartato mengatakan keluarga besar mendukung kegiatan open house di pendopo. Baginya, dipercaya menjadi pemimpin di Pacitan adalah amanah dari rakyat sehingga salah satu cara menjaga amanah itu adalah dengan melibatkan masyarakat dalam acara open house.

Selain di pendopo, rencananya kegiatan open house juga akan digelar di rumah dinas pada hari kedua dan selanjutnya di rumah pribadi. “Keluarga sangat mendukung. Bagi saya tidak masalah walau capek. Saya begini karena saya mendapat amanah dari rakyat. Harus melayani rakyat sebaik-baiknya, tidak mengenal waktu,” ujarnya.

Mengenai tradisi mudik ke kampung halaman, Indartato mengaku tidak mudik karena kedua orang tua meninggal. (Sgd/Purwo S/WDA/)

Sumber: RRI