Selama 2016, Sebanyak 33 Warga Pacitan Suspect Positif Penyakit Tubercolusis

oleh -511 views

Pacitanku.com, PACITAN  — Penyakit Tubercolosis (TB) menjadi ancaman serius bagi warga Pacitan. Pasalnya, penyakit menular tersebut penyebarannya sangat cepat.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan (Dinkes) Pacitan, selama kurun waktu Januari-Juni 2016 telah ditemukan 33 suspect positif TB. ‘’Penanganan penyakit TB perlu kerjasama semua pihak. Penyakit TB bisa dideteksi serta diobati hingga sembuh dengan penanganan maksimal,’’ ujar Bambang Widjanarko Kabid Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinkes Pacitan, baru-baru ini.

Dalam beberapa waktu terakhir, kata dia, dinkes gencar sosialisasi kepada warga. Mulai dari penjelasan tentang bahaya penyakit TB, bagaimana ciri-ciri penderitanya, cara pencegahan hingga penanganannya.

Namun penyebaran penyakit yang disebabkan bakteri jenis Mycrobacterium tuberculosis itu sulit terkendali. Karena satu penderita bisa menular kepada 10 sampai 15 orang per tahun. ‘’Pencegahan penyebaran TB ini bisa dilakukan dengan membangun lingkungan bersih. Selain itu, melakukan deteksi pada kelompok rentan seperti penderita diabetes mellitus, HIV/AIDS, ibu hamil, anak gizi kurang dan binaan lembaga pemasyarakatan,’’ jelasnya.


Ia mengingatkan penderita TB untuk selalu teratur dalam berobat. Idealnya para penderita pengidap TB menjalani pengobatan rutin selama enam bulan. Apabila pola pengobatan tidak teratur maka virus yang ada dalam tubuh menjadi resistensi atau kebal dari jenis obat. ‘’Penyakit TB bisa disembuhkan, asalkan para penderita mau mengikuti pengobatan secara teratur,’’ terangnya.

Dia mengakui, jika masih banyak penderita TB baru yang belum tercatat. Hal ini diakibatkan penemuan kasus yang sudah ada saat ini bersifat pasif. Artinya, menunggu pasien ke sarana pelayanan kesehatan serta masih rendahnya pengetahuan masyarakat tentang penyakit TB. ‘’Mulanya masyarakat hanya menganggap TB ini seperti batuk biasa dan bisa sembuh setelah minum obat batuk. Begitu sudah parah, baru diketahui jika itu merupakan TB,’’ pungkasnya. (her/yup/RAPP002)

Sumber: Radar Madiun