Tiket Mudik Gratis Pemprov Jatim ke Pacitan Ludes

oleh -0 Dilihat

Pacitanku.com, SURABAYA – Peminat mudik gratis dengan menggunakan bus ke sejumlah daerah di Jawa Timur membeludak. Tiket untuk tujuan Banyuwangi dan Pacitan ludes sejak Senin (13/6/2016) sore.

Sejak dibuka pendaftarannya pada 3 Juni 2016, saat ini sudah hampir 100.000 orang memanfaatkan layanan mudik gratis ini. Sejumlah tujuan sudah ludes terpesan.

Saat dicek di loket pemesanan mudik gratis di Kantor Dishub Jatim Jl A Yani 268 Surabaya, masih banyak warga yang datang dan meninggalkan loket, Senin (13/6/2016). Bahkan di antara mereka harus balik kanan karena tujuan yang mau dipesan sudah habis.”Ini mau ke Pacitan. Tapi katanya sudah habis. Mau bagaimana lagi,” ungkap Sumarno dilansir Surya.

Namun, dirinya masih berkesempatan untuk diikutkan bus yang khusus mengangkut pemudik yang pulangkan motor. Selain menyediakan bus mudik gratis, tahun ini disediakan bus khusus bagi pemilik motor yang diikutkan mudik gratis.

Selain Pacitan yang tiketnya sudah ludes, kota-kota tujuan jauh rata-rata juga sudah habis. “Jember, Banyuwangi kami sediakan 20 bus sudah habis. Pacitan 22 bus juga sudah habis,” terang Kabis Angkutan Jalan Dishub Jatim, Sumarsono.


Begitu juga untuk tujuan Ponorogo dengan 20 bus, saat ini juga sudah tak menyisakan tempat duduk. Menurut petugas loket, Sabtu 3 Juni kemarin langsung diserbu ribuan pemudik.

Bowo, salah satu pengantre mengaku harus keluar kantor sebelum pulang kerja karena ingin mendapatkan tiket gratis. “Saya sudah tiga kali ikut mudik gratis ke Magetan bersama isteri dan dua anak. Di samping cepat, juga aman,” katanya.

Ikut mudik gratis, kata dia, bukan semata-mata karena gratis, tapi karena lebih praktis. “Saya tidak lagi antre di terminal, dan tidak khawatir kehilangan barang,” ujarnya.

Tahun ini, Dishub LLAJ Jatim menyediakan 510 armada bus untuk mudik dan balik gratis ke berbagai daerah. 338 bus dari jumlah itu untuk mudik dan 122 bus untuk balik. Jika ditotal dengan pihak swasta, maka jumlah armada bus mudik gratis sebanyak 680 bus dengan 181.000 tempat duduk.

Pelaksanaan mudik gratis digelar pada 3-4 Juli 2016, sedangkan angkutan balik gratis dilaksanakan 9-16 Juli 2016. (RAPP002)