Gelombang Pasang Terjang Pesisir Pantai Pacitan

oleh -Dibaca 2.573 kali

Pacitanku.com, PACITAN – Gelombang pasang melanda pantai selatan wilayah Kabupaten Pacitan, Rabu (8/6/2016). Air laut yang mengalami pasang ditambah dengan hembusan angin yang kuat, menyebabkan gelombang air di pantai menjadi cukup tinggi.

Bahkan di Pantai Ngiroboyo Kecamatan Donorojo yang berada di wilayah barat Kabupaten Pacitan, sejumlah vegetasi pantai, seperti cemara laut mengalami kerusakan akibat diterjang gelombang pasang.

“Info dari petugas Pantai Taman, Hadiwarno, Ngadirojo, ombak menerjang tembok pengaman kolam renang di wilayah pantai,” kata Ratna Budiono, Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pacitan, Rabu (8/6/2016).

Sementara, di kawasan teluk Pacitan yang terdapat Pantai Teleng Ria, Pelabuhan Tamperan dan Pancer Door, gelombang pasang juga terjadi. Di pantai Pancer Door misalnya, akibat laut yang pasang, air gelombang meluap sampai di hutan Pantai.


Gelombang pasang menyebabkan air meluap di sputar Teleng Ria
Gelombang pasang menyebabkan air meluap di seputar Teleng Ria (Foto: WA Info Pacitan)

Di wilayah timur, informasi yang dihimpun, gelombang pasang juga terjadi di kawasan Teluk Bawur, kawasan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Sudimoro. Hempasan ombak yang besar menimbulkan semacam dinding air saat gelombang menghantam pemecah ombak pantai.

Suasana gelombang pasang cukup ekstrim terjadi di kawasan Pantai Kaliuluh, Kebonagung, dimana gelombang pasang menerjang kapal yang bersandar di tepi pantai. Bahkan sejumlah pohon tumbang akibat hempasan gelombang ganas. Sementara, satu pos di tempat wisata Pantai Pidakan, Tulakan ambrol akibat terjangan gelombang pasang.

Sebuah pos di Pantai Pidakan diterjang ombak. (FOto: Eko RD)
Sebuah pos di Pantai Pidakan diterjang ombak. (Foto: Eko RD)

Di kawasan pantai selatan, fenomena gelombang tinggi sebenarnya sudah terjadi sejak beberapa hari terakhir. Karena itu, banyak nelayan dengan perahu kecil yang juga memilih tidak melaut dalam kondisi gelombang laut seperti sekarang.

Ketinggian gelombang di kawasan perairan pantai bisa mencapai 3,5 meter. Dengan gelombang setinggi itu, maka bangunan atau pohon yang berada tidak jauh dari bibir pantai bisa terjangkau gelombang.

Hancurkan warung di pinggir Pantai

Warung milik warga di Pantai Klayar hancur diterjang gelombang pasang.
Warung milik warga di Pantai Klayar hancur diterjang gelombang pasang.

Di kawasan Pantai Klayar, Desa Sendang, Kecamatan Donorojo, terjangan gelombang laut pasang merusak dan meluluhlantahkan warung milik warga yang berada di kawasan tepi pantai. Bahkan, beberapa warung milik warga rata dengan tanah. Kondisi ini sama dengan pantai Pidakan, dimana gelombang juga merusak pos di dekat pantai.




Deputi Bidang Meteorologi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Yunus S. Swarinoto dalam keterangannya, Selasa, 7 Juni 2016 kemarin mengatakan bahwa kawasan pantai selatan terjadi karena fenomena astronomi ini menyebabkan gelombang pasang hingga lima hari ke depan. “Juga diperkuat dengan penjalaran swell (alun) yang dibangkitkan dari pusat tekanan tinggi subtropis di barat daya Australia,” katanya.

kaliuluhBMKG pun mengimbau masyarakat waspada dan siaga terhadap kondisi gelombang laut yang tinggi di beberapa wilayah Indonesia, terutama masyarakat pesisir pantai barat Sumatera dan selatan Jawa untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya gelombang pasang.

“Dihimbau untuk selalu waspada terhadap perubahan cuaca yang secara singkat dan hujan intensitas tinggi disertai angin dan petir, waspada gelombang tinggi di perairan pantai selatan Pacitan,” demikian bunyi informasi dari Pusat data dan informasi BPBD Pacitan. (RAPP002)