Indartato: Rembug Warga Diharapkan Mampu Tata Pembangunan Daerah

oleh -0 Dilihat

Pacitanku.com, PACITAN – Agenda rembug warga yang digelar dan difasilitasi pemerintah kabupaten (Pemkab) Pacitan pada Kamis (2/6/2016) kemarin diharapkan mampu menjaring aspirasi masyarakat dalam mendukung penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) periode 2016-2021.

Menurut Bupati Indartato, dalam sambutannya, diharapkan melalui  pertemuan tersebut rencana pembangunan daerah akan lebih tertata dan berkualitas. “Langkah ini merupakan bentuk upaya pemerintah daerah untuk menyempurnakan RPJMD 2016/2021. Masukan serta saran dari masyarakat akan saling melengkapi sehingga keptusan yang diambil akan lebih baik,”katanya.

Lebih lanjut, mantan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Pacitan in menuturkan meski tidak masuk dalam tahapan penyusunan RPJMD, namun agenda rembug warga tersebut adalah sebuah inovasi untuk menciptakan kebijakan publik yang lebih berkualitas.

“Salah satu tugas pemerintah adalah membuat kebijakan publik melalui pembahasan RPJMD. Oleh karena melalui rembug warga diharapkan kebijakan yang muncul akan berpihak kepada publik. Baik dari sisi kebenaran maupun kualitas,”tandasnya.

Dalam rembug warga ini sendiri, Pemkab menargetkan angka prosentase penduduk miskin turun dalam kurun waktu awal periode Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dari yang semula 15,87 persen pada awal periode RPJMD turun menjadi 12,85 persen pada akhir periode RPJMD, atau berkurang sebsar 3,02 persen.


Saat ini, prosentase angka kemiskinan dan kualitas hidup masyarakat di Pacitan sendiri masih diatas rata – rata nasional dan Provinsi. Bahkan, pertumbuhan ekonomi mengalami kelambatan yang mengakibatkan rendahnya pendapatan per kapita.

Dalam RPJMD Pemkab untuk periode 2016-2021, Indartato merangkum menjadi delapan agenda prioritas utama pembangunan (Hasta Tama), yang meliputi layanan pendidikan, kesehatan, percepatan penanggulangan kemiskinan, ketahanan pangan daerah, peningkatan daya saing ekonomi, pembangunan infrastuktur dasar berkelanjutan.

“Kemudian perbaikan tata kelola pemerintah dan peningkatan kehidupan beragama dan sosial kemasyarakatan, sehingga, masukan dari semua pihak sangat diperlukan dalam bersama-sama membangun Kabupaten Pacitan,” jelas Indartato.

Selain target penurunan kemiskian, Pemkab Pacitan dibawah komando Indartato-Yudi Sumbogo juga menargetkan peningkatan pertumbuhan ekonomi yang pada awal periode RPJMD sebesar 4,68 persen ditagetkan menjadi 6,20 persen pada akhir periode RPJMD.

Di sektor lainnya, Pemkab juga menargetkan menurunnya prosentase pengangguran terbuka, dari yang semula 0,97 persen menjadi 0,91 persen. “Dengan demikian target indeks pembangunan manusia (IPM) Pacitan juga ditargetkan naik dari 64,24 persen menjadi 68,17 persen dan kualitas lingkungan hidup dari awal periode RPJMD 73,27 persen menjadi 73,31 persen pada akhir periode RPJMD,”jelasnya.

Dalam acara yang dihadiri Wakil Bupati Yudi Sumbogo, Sekretaris Daerah Suko Wiyono, dan segenap pejabat di satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di Pemkab Pacitan. Rembug warga ini sendiri diikuti 600 perwakilan masyarakat. Diantara mereka sebagian diundang namun banyak juga diantaranya yang datang dengan inisiatif sendiri. (RAPP002)