BNPB: Indonesia Komitmen Bangun Bangsa Tangguh Hadapi Bencana

oleh -13591 views
Longsor Banjarnegara. (Foto : Dok.Pacitanku)
Longsor Banjarnegara. (Foto : Dok.Pacitanku)

Pacitanku.com, JAKARTA – Indonesia sebagai negara rawan bencana, berkomitmen membangun bangsa tangguh dalam menghadapi bencana, khususnya pengarusutamaan pengurangan risiko bencana (PRB).

Ada lima poin yang menjadi komitmen Indonesia dalam PRB. Komitmen tersebut disampaikan Indonesia dalam forum World Humanitarian Summit (WHS) 2016. Sejak 2012, WHS merupakan bentuk kepedulian‎ komunitas internasional dalam menghadapi krisis dan bencana kemanusiaan.

Menurut Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana), Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, WHS memiliki visi untuk mengembangkan sistem kemanusiaan yang lebih global, akuntabel dan tegas.

Lima poin diantaranya, pertama, Komitmen melanjutkan pengarusutamaan dan pengembangan pendekatan yang komprehensif dan sistematis PRB sesuai dengan Kerangka Kerja Sendai 2015 – 2030.

Kedua, Komitmen terus mengintegrasikan PRB (Pengurangan Resiko Bencana) dan adaptasi perubahan iklim dalam rencana pembangunan nasional.


Ketiga, Komitmen BNPB bersama stakeholder lain untuk terus meningkatkan wilayah-wilayah, baik desa dan kota yang tangguh menghadapi bencana.

Empat, Bencana adalah urusan bersama, keterlibatan dunia usaha berperan dalam memperkuat ketangguhan di tingkat desa. Kelima adalah Komitmen berbagi tanggung jawab antara pusat dan daerah serta mitra yang lain dalam PRB. (RAPP002)