Ini 8 Pantai Sunyi Nan Menawan di Pacitan

oleh -132.888 views

Pacitanku.com, PACITAN – Selain memiliki panta-pantai yang sudah sering dikunjungi, Pacitan juga memiliki berbagai spot menarik dari pantai yang masih sunyi namun juga tak kalah menawan. Berikut 8 pantai sunyi nan menawan rekomendasi Pacitanku.com, yang bisa Anda gunakan untuk piknik akhir pekan ini.

1. Pantai Nampu

nampu2Pantai ini berada di wilayah perbatasan Pacitan di Jawa Timur dan Wonigiri, Jawa Tengah. Sebagian masuk wilayah Dringo, Gunturharjo, Kecamatan Paranggupito Wonogiri, sebagian lainnya masuk wilayah Desa Widoro, Donorojo. Jadi dengan kondisi seperti itu juga Pantai Nampu bisa dikatakan menjadi milk Wonogiri dan Pacitan.

Untuk memasuki daerah wisata yang masih alami ini adalah melalui Desa kalak yang menuju kea rah Desa Widoro di Donorojo. Dan jika sudah hampir mendekati area pantai, anda harus berjalan menuruni anak tangga yang sudah dibuat dan khusus untuk pejalan kaki kira – kira 5-10 menit dari atas. Meski lelah, namun anda akan sngat puas melihat pesona pantai yang membuat mata anda betah berlama – lama memandang di pantai ini. Namun demikian, secara pengelolaan, pantai ini sudah dikelola terlebih dahulu oleh masyarakat Desa Gunturharjo, Kecamatan Paranggupito Wonogiri.

Seperti halnya pantai lainnya di ujung barat Pacitan, Pantai ini memiliki ciri khas pasir putih dengan garis pantai cukup panjang. Namun yang membedakan diantara pantai lain di selatan Pacitan, ombak di Pantai ini cukup jinak, hal itu terbukti ada sisi laut dangkal, sehingga Nampak dengan jelas biota laut dan karang – karang dengan aneka bentuk dan jenis bisa disaksikan dengan jelas.

Di sebagian sisi laut yang dangkal ini juga banyak bebatuan yang bisa anda gunakan untuk sekedar duduk dan menikmati laut lepas, maupun bercengekrama dengan beberapa hewan laut yang kadang nakal menggoda kita, ada ikan – ikan kecil, rumput laut dan berbagai biota lainnya. Yang disarankan, anda jangan sampai bermain dengan bulu babi di pantai ini, karena cukup berbahaya.


2. Pantai Karang Bolong

Pantai Karang BolongPantai Karang Bolong masih berada di Kelurahan Sendang, Donorojo Pacitan, atau jika menuju ke Pantai Klayar, letak pantai Karang Bolong yang ada di sebelah barat. Jalan masuknya tepat di depan pos retribusi pantai Klayar. Namun hingga saat ini, aksesnya masih alami dan cukup sulit apalagi dalam kondisi jalan basah. Sepertinya jalan yang masih dari tanah ini terbentuk karena kebiasaan kendaraan melewati jalur ini.

Panorama khas Pantai Karang Bolong adalah kita bisa menikmati keindahan pantai selatan dengan tebing-tebing hijau yang gagah dengan tebing yang menjorok kelaut yang berada di tepi Barat pantai ini. Tak jauh beda dengan pantai Uluwatu yang ada di Bali.

3. Pantai Kasap

Keindahan suasana sore di pantai KasapPantai Kasap ini memang obyek wisata Pantai yang masih sangat alami. Berada di Desa Jlubang, Kecamatan Pringkuku, Pantai Kasap berada di dekat tiga pantai lainnya di kecamatan ini, yakni pantai Watukarung, pantai Srau dan pantai Sruni. Pantai yang berada di sebelah persis pantai Sruni ini memiliki karakteristik khas di pantai Selatan. Yakni karang, kemudian pasir putih, ombak yang deras.

Di saat air surut, kamu bisa duduk – duduk sembari menikmati pemandangan dan angin khas laut selatan di pantai Kasap ini dengan santai. Jika ingin sensasi lebih, kamu bisa naik keatas bukit di rerumputan untuk mengabadikan momen asyik di pantai yang seakan menjadi pantai milikmu sendiri dengan kamera. Namun, suasana paling highly recommended adalah saat sore hari. Dimana pada saat ini, kamu bisa menikmati lembayung senja (sunset) dari atas bukit yang berada diatas pantai.

Untuk dapat menuju ke pantai ini, kamu bisa mengambil arah menuju ke pantai Watukarung, kemudian ambil arah ke Jlubang, nanti ada papan yang menandakan jalan menuju ke pantai Kasap, atau bisa melewati sungai Cokel, dan disitulah tempatnya.

4. Pantai Seruni

Pantai Sruni PacitanPantai Seruni ini adalah pantai pasir putih yang berada di Desa Jlubang, Pringkuku Pacitan. Diantara semua obyek wisata pantai di Pacitan, pantai ini memang belum dikelola secara baik, walaupun panorama pasir putihnya bagus. Di Desa Jlubang ini juga terdapat obyek wisata lain yakni Luweng Jaran.

5. Pantai Kuncir

Pantai KuncirPantai Pidakan selama ini dikenal dengan panorama kerikil pantai yang unik. Namun ternyata ada Pantai lain di wilayah yang sama dengan panorama yang mirip dengan pantai Pidakan. Namanya adalah Pantai Kuncir.

Banyak yang menganggap pantai ini sebagai bagian dari pantai Pidakan yang terletak di dusun Godeg Kulon desa Jetak Tulakan. Akan tetapi sebenarnya penduduk setempat sering menyebut daerah ini dengan kuncir.

Lokasi pantai ini tepat di sebelah baratnya pantai Pidakan. Panorama pantai Kuncir di dominasi batu karang dan batu bulat-bulat dengan air yang jernih. Berbatasan langsung dengan perkebunan kelapa membuat pantai ini teduh.

Jika sedang berkunjung ke Pantai Pidakan, tidak ada salahnya menyempatkan untuk ke pantai Kuncir yang lokasinya tak jauh dari Pantai Pidakan.

6. Pantai Kaliuluh

Pantai Kaliuluh di Klesem, Kebonagung. (Foto: Arif Sasono)Seperti halnya di beberapa pantai lainnya di Pacitan, Pantai ini memiliki cirri khas ombak yang besar, sehingga tentu saja Pantai ini menjadi surge para pecinta olahraga surfing. Pantai Kali Uluh ini berada di wilayah Desa Klesem, Kecamatan Kebonagung, sekitar 35 Km jika ditempuh dari Kota Pacitan.

Akses jalan menuju ke Pantai ini sudah baik, terutama karena melewati jalur lingkar selatan pacitan, melewati wilayah Karanganyar, Sidomulyo dan Gawang. Jika ingin menuju kesana, dapat melalui JLS, sampai fly over gayam belok kiri lewat pasar gayam, lewat fly over. Di pertigaan setelah gapura masuk desa klesem belok kiri, ikuti jalan itu terus sampai bertemu pertigaan, kemudian ambil yang kanan maka akan sampai pantai kaliuluh.

7. Pantai Kunir

Pantai Kunir dan keindahan pantai pasir putihnya. (Foto : Shulton/Dok.Pacitanku)Pantai Kunir berada di Kecamatan Sudimoro, karakteristik utamanya adalah pasir putih seperti pantai lainnya di Pacitan. Hingga saat ini pantai Kunir belum dikelola secara maksimal untuk keperluan wisata.

Pantai Kuncir tepatnya terletak di Desa Pager Kidul Kecamatan Sudimoro. Dari pusat kota Pacitan, sekitar 30 menit perjalanan melalui JLS (Jalan Lintas Selatan) sampailah di pertigaan depan Desa Hadiwarno Kecamatan Ngadirojo, ambil kanan masuk di jalan jurusan Ngadirojo – Trenggalek. Setelah perjalanan sekitar 1,8 Km, sampailah kita di lokasi Pantai Kunir. Begitu masuk lokasi langsung disambut hamparan rumput di tanah lapang yang seluas lapangan sepak bola, sangat cocok dipakai buat area perkemahan.

Pantai ini juga banyak ditumbuhi pohon kelapa, dan pohon besar yang tumbuh di tepi pantai membuat pantai ini terasa nyaman dan dapat memanjakan mata, kita juga dapat berkemah disana. Pantai Kunir merupakan pantai berpasir yg membentang sekitar setengah kilometer. Di ujung timur pantai terdapat sungai yang berpagar tebing bebatuan kapur.

8. Pantai Bakung

Pantai Bakung di Kalitani, Karangnongko, Kebonagung. (Foto; Dok. Pacitanku)Salah satu yang memiliki ciri khas unik dengan bebatuan karangnya di Pacitan adalah pantai Bakung. Pantai yang terletak di Dusun Kalitani, Desa Karangnongko, Kecamatan Kebonagung ini memiliki ciri khas batu karang yang berbeda dari pantai lain di Pacitan. Pantai ini memiliki ciri khas ada batu karang dan bisa disebut pulau kecil  yang menyerupai ikan lumba-lumba, lengkap dengan ekor, badan yang gemuk dan mulut ikan yang lucu tersebut. Ini adalah keunikan dari Pantai Bakung tersebut, dimana batu cadas unik di tumbuhi pepohonan hijau.

Selain disebut mirip ikan lumba-lumba, banyak traveller yang sering mengunjungi pantai ini menyebut pulau tersebut mirip dengan ikan paus atau bahkan ada yang menyebit mirip penyu atau kura-kura. Namun, yang lebih indah adalah kealamian dan pesona sejuk dan ombak besar di pantai ini yang menyajikan keindahan tersendiri bagi siapapun yang menikmatinya.

Kondisi pantai bakung sendiri adalah sebuah pantai yang memiliki garis pantai, namun tidak terlalu luas. Ada empat titik tempat terindah menikmati kealamian pantai Bakung yang masih alami ini, yakni titik utama adalah spot menikmati batu karang lumba-lumba, kemudian goa kecil di bagian timur pantai.

Goa kecil yang berbatasan langsung dengan bibir pantai ini terlihat ada genangan air kemudian di di titik ini juga ada bebatuan karang yang unik yang memecah ombak. Sementara satu bagian bebatuan di titik tersebut memiliki celah dibawahnya atau berlubang tembus dan bisa di lalui ke sisi perairan yang lain. Keunikan lainnya adalah panorama sawah milik masyarakat setempat yang menambah kesejukan dan keindahan pantai yang masih sangat alami ini.


Titik keempat adalah suasana pantai yang sejuk dengan panorama tebing-tebing pepohonan hutan hijau, selain itu di titik ini  juga di pakai untuk singgah perahu-perahu nelayan sekitar yang profesinya menangkap ikan di perairan Bakung, Karangnongko, Kebonagung.

Pantai Bakung ini masih bertetangga dengan tiga pantai lain di kawasan Kecamatan Kebonagung, yakni pantai Pangasan, Pantai Sangklehan dan Pantai Srengit. Nah, jika Anda ingin berkunjung ke pantai ini, jarak perjalanan dari pusat kota ke Pacitan hanya sekitar 25 sampai 30 menit, dengan jarak kurang lebih 25 km ke arah timur Pacitan.

Selamat menikmati keindahan dalam kesunyian pantai Pacitan. (DPPP001)