Meski Minim Fasilitas, Wisma Atlet di Pacitan Mulai Dimanfaatkan

oleh -131.123 views

Pacitanku.com, PACITAN – Pemerintah kabupaten Pacitan akhirnya nekat memanfaatkan wisma atlet meskipun hibah belum tuntas. Bangunan tersebut digunakan untuk menampung atlet luar daerah yang sedang mengikuti event pertandingan di Pacitan.

Wisma atlet dimanfaatkan untuk menampung para atlet luar daerah yang ikut berpartisipasi dalam kejurprov gulat 2016 di Pacitan. Hanya saja, fasilitas yang mereka terima hanya ala kadarnya.

Langkah tersebut diambil lantaran desakan dari kalangan wakil rakyat dan masyarakat. ‘’Sudah bisa dimanfaatkan oleh siapapun untuk kegiatan apapun,’’ jelas Wuriyanto Kabid Olahraga Disbudparpora, kemarin (22/5).

Menurutnya, Kementrian PU-PR mengizinkan pemkab memanfaatkan bangunan tersebut setelah rampung dibangun September 2013 lalu. Namun, kepemilikan atau status bangunan itu untuk dijadikan sebagai aset daerah masih belum bisa terealisasi.

Pasalnya, proses hibah hingga sekarang belum ada kejelasan. ‘’Kami sudah berulang kali menanyakan kapan dihibahkan. Tapi sampai sekarang belum ada jawaban,’’ jelasnya.


Selain status aset, kendala pemanfataan wisma atlet ada pada fasilitas. Bangunnan tiga lantai yang terdiri dari 40 kamar tersebut belum dilengkapi fasilitas berupa kamar tidur.

Wuriyanto mengatakan, pihaknya sudah mengajukan permohonan bantuan kepada Kemenpora untuk pengadaan mebeler. Setidaknya dibutuhkan duit Rp 5 miliar untuk melengkapi fasilitas wisma atlet. ‘’Pengeluaraan sebanyak iu jika semua ditanggung daerah pasti tidak mampu. Soalnya anggaran pemkab terbatas,’’ ujarnya.

Namun demikian, beban untuk listrik yang sudah dipasang instalasinya ditanggung oleh Disbudparpora. Dia menyebutkan untuk dua bulan saja, terhitung per Januari-Februari pihaknya harus mengeluarkan uang sebesar Rp 10 juta hanya untuk membayar listrik ke PLN. Diakui, beban pembayaran listrik itu bisa dinilai pemborosan. Mengingat bangunan wisa atlet belum bisa digunakan maksimal. (her/yup/RAPP002)

Sumbe: Radar Madiun