Desa Ngadirojo Jadi Jawara Lomba Gotong Royong Jatim 2016

oleh -131.264 views

Pacitanku.com, TUBAN – Desa Ngadirojo Kecamatan Ngadirojo akhirnya sukses menjadi juara lomba pelaksana terbaik gotong royong masyarakat tingkat Provinsi Jawa Timur (Jatim). Dengan diraihnya penghargaan tersebut secara otomatis Desa Ngadirojo berhak mewakili Provinsi Jatim di tingkat nasional pada Juni mendatang.

Piala penghargaan diterima langsung Bupati Pacitan Indartato yang diserahkan oleh Gubernur Jawa Timur Soekarwo dalam acara Puncak Peringatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBRGM) XIII dan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-44 Jatim di Tuban, Rabu (11/5/2016) kemarin.

Bupati Indartato usai menerima penghargaan mengatakan, keberhasilan ini merupakan bentuk sifat asli masyarakat Pacitan yang selalu menjunjung budaya bergotong royong dalam mencapai tujuan. Terutama dalam memajukan pembangunan di desa maupun daerah. “Gotong royong sudah menjadi urat nadi masyarakat Pacitan dan inin terbukti mampu menumbuhkan semangat kebersamaan,” katanya sebagaimana dilansir dari laman Pemkab Pacitan.


Ada beberapa indikator yang menjadikan Desa Ngadirojo layak menjadi juara. Di bidang kemasyarakatan warga Desa Ngadirojo dinilai guyub rukun. Warga juga aktif berpartisipasi secara swadaya membangun desa. Di bidang ekonomi, Desa Ngadirojo berhasil mengembangkan produk UMKM warga.

Di antaranya, kerajinan batik tulis, pengolahan makanan berbahan dasar singkong yang dinamai Kaselo. Serta pelaksanaan program kawasan rumah pangan lestari (KRPL). Sementara di bidang kebudayaan dan agama, banyak kelompok pengajian di Desa Ngadirojo.

Tahun lalu, lomba tersebut tidak diselenggarakan di tingkat nasional. Tetapi tahun ini, pemerintah pusat kembali menggelar. ‘’Untuk persiapan ke tingkat nasional, sudah kita lakukan sejak sekarang. Tentunya dengan dukungan dari seluruh satuan kerja (satker) lainnya,’’ terangnya.

Penghargaan tersebut merupakan kali ke empat yang diraih Pacitan dalam kurun empat tahun terakhir. Penghargaan pertama diraih pada 2013 lalu dengan pelaksana gotong royong terbaik diraih Desa Ketro, Kecamatan Kebonagung. Tahun 2014 diwakili oleh Desa Jeruk, Kecamatan Bandar.

Bahkan, Desa Jeruk mampu mencatatkan prestasi gemilang di tingkat nasional dengan menyabet gelar pelaksana gotong royong terbaik. Sedangkan, pada tahun 2015 lalu prestasi serupa ditorehkan Desa Purworejo, Kecamatan Pacitan. (RAPP002)