Kerja Keras Kembangkan Perpusda, Indartato Raih Penghargaan Nasional

oleh -13822 views

Pacitanku.com, NUSA DUA – Kerja keras dan komitmen Bupati Pacitan, Drs H Indartato, MM dalam mengembangkan perpusatakaan daerah (Perpusda) di Kabupaten Pacitan berbuah manis. Pria kelahiran Ponorogo ini menerima penghargaan atas komitmen dan dukungan terhadap perkembangan perpustakaan di Pacitan, yang diberikan di Nusa Dua, Provinsi Bali, Kamis (14/4/2016) lalu.

Menurut Indartato, peningkatan angka melek huruf merupakan salah satu indikator kecerdasan masyarakat. Penguasaan terhadap berbagai disiplin ilmu bermanfaat menghilangkan kesenjangan di segala bidang.” Kalau perpustakaan dimanfaatkan dengan baik maka akan menciptakan lapangan kerja. Artinya, dari yang tidak apa-apa berubah menjadi terampil setelah mendapat ilmu baru dari buku yang dibaca,” katanya.

Prestasi itu didapat setelah Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (RI) menilai Indartato mampu mengupayakan pengembangan perpustakaan melalui program perpuseru.

‘’Karena Pacitan dinilai mampu menerapkan UU 43/2007 tentang perpustakaan dengan baik. Mengingat pengembangan perpustakaan itu merupakan kewenangan wajib,’’ ujarnya lagi.


Menurut dia, pengembangan perpustakaan dilakukan karena dianggap memiliki peran untuk mengurangi kesenjangan sosial masyarakat dalam segala hal. Utamanya untuk mendukung terciptanya lapangan pekerjaan.

‘’Kenapa demikian, karena masyarakat bisa belajar tentang banyak hal. Contohnya, ketika warga mau usaha beternak itik mereka bisa mencari referensi buku cara beternak di perpustakaan. Sehingga pengetahuannya bisa bertambah,’’ jelasnya.

Meski begitu, Indartato mengaku bukan berarti upaya peningkatan gemar membaca di masyarakat ini tanpa kendala. Utamanya terkait pengadaan buku yang masih terbatas karena menyesuaikan kemampuan anggaran. ‘’Oleh karena itu secara bertahap, pemkab berupaya menyediakan dana walaupun sedikit untuk melengkapi koleksi buku di perpusda,’’ tuturnya.

Indartato juga menyampaikan bahwa pemerintah daerah juga mengupayakan akses pendidikan bagi seluruh elemen masyarakat. Hal ini sejalan dengan Program Pendidikan Untuk Semua (PUS) yang tengah digaungkan pemerintah. “Harapan kita semua masyarakat Pacitan semuanya pintar. Kalau sudah pintar tentu saja hidupnya akan lebih sejahtera,” pungkasnya. (Pur/Riz/SKPD)

Keterangan foto: Indartato raih penghargaan nasional bidang perpustakaan. (Foto: SKPD Pacitan)