Pemkab Pacitan Dukung Program Pemerintah Pusat, Pariwisata Jadi Fokus Pembangunan

oleh -135.292 views
Goa Gong bakal ada tambahan fasilitas. (Foto : Dok.Pacitanku)
Goa Gong bakal ada tambahan fasilitas. (Foto : Dok.Pacitanku)

Pacitanku.com, JAKARTA – Pemerintah Kabupaten Pacitan siap mendukung penuh program pemerintah pusat melalui nawa cita dalam rangka untuk menyejahterakan masyarakatnya. Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Pacitan, Drs H Indartato, MM usai pengarahan kepala daerah di Jakarta, baru-baru ini.

“Kita upaya menjadikan kehendak pemerintah pusat dalam menyejahterakan masyarakat kita harus satu Bahasa. Kita membawa sistem NKRI dan mendukung penuh program pemerintah pusat agar rakyatnya bisa semakin baik,” ujarnya.

Salah satu yang menjadi indikator, kata Indartato, adalah pertumbuhan ekonomi yang semakin membaik, meskipun ada sedikit penurunan.

“Di Pacitan pertumbuhan ekonomi 5,9 persen dan pertumbuhan di Pacitan sangat bagus. Tahun sebelumnya pertumbuhan ekonomi di Pacitan 6 persen,” kata Bupati yang baru saja dilantik pada pekan lalu itu.

Selain itu, katanya, ada  sektor pertambangan yang dikembangkan di Pacitan. Namun sektor pertambangan terkendala dalam infrastruktur. Dan diharapkan tahun depan infrastruktur dapat bisa lebih baik.


Salah satu fokus pembangunan, kata Indartato adalah di sektor pariwisata. Saat ini, sektor pariwisata mengalami peningkatan yang signifikan dalam beberapa tahun sekali. Karena itulah Kabupaten Pacitan akan terus meningkatkan fasilitas dan sektor pariwisata.

“Sektor di bidang pariwisata yang ada kenaikan luar biasa seperti wisata alam. Karena wisata alam bisa mendatangkan ekonomi untuk masyarakat  Pacitan. Dan wisata alam akan terus dikembangkan dan diharapkan kenyaman wisatawan lebih nyaman,” katanya.

Lebih lanjut, Indartato mengatakan, diantaranya banyaknya obyek wisata di Pacitan, ada dua obyek wisata unggulan yang saat ini terus dikembangkan di Pacitan, yakni Goa Gong yang terletak di Desa Bomo, Kecamatan Punung dan juga Pantai Klayar di Desa Sendang, Kecamatan Donorojo. 

“Yang paling bagus itu Goa Gong, kemudian yang kedua adalah Pantai Klayar, dan itu orang yang berwisata itu bisa melihat ombak yang bergelombang,” tandasnya.

Dalam proses pengembangan Goa Gong misalnya, Indartato terus melakukan pengembangan Goa yang diklaim sebagai goa terindah se-Asia Tenggara ini.

“Kita berupaya ke depan lebih baik lagi dan semuanya dilaksanakan dengan baik. penyerapan anggaran dan ini langsung diserap anggarannya. Saya lebih senang bila uang lebih cepat beredar di masyarakat, dan masyarakat akan mendapatkan manfaatnya,” pungkasnya. (RRI/RAPP002)