Longsor Jadi Kendala Pembangunan Infrastuktur di Pacitan

oleh -13585 views
Jalur darurat di area longsor Gemaharjo. (Foto: Pusdatin BPBD Pacitan)
Jalur darurat di area longsor Gemaharjo. (Foto: Pusdatin BPBD Pacitan)

Pacitanku.com, SURABAYA – Bencana tanah longsor yang kerap terjadi di Pacitan menjadi kendala tersendiri dalam pembangunan infrastuktur. Hal tersebut disampaikan oleh Gubernur Jawa Timur, H Soekarwo di sela pelantikan bupati dan wakil bupati Pacitan terpilih, Senin (4/4/2016) di Gedung Negara Grahadi, Surabaya.

Pria yang akrab disapa Pakde Karwo ini menilai, sebagai wilayah di ujung barat daya Jawa Timur, pembangunan infrastruktur Pacitan hingga kini masih belum optimal, sehingga Pacitan saat ini dan seterusnya diharapkan menjadi daerah yang berubah dan berkembang. Untuk itu, ia akan memprioritaskan pembangunan infrastrukturnya. “Jalan harus dilebarkan. Tapi, kendalanya wilayah Pacitan ini rawan tanah longsor karena kalau terkena air akar belum sepenuhnya kuat ,” katanya.

Sementara, bupati terpilih Indartato mengatakan bahwa rencananya akan lebih memprioritaskan pembangunan infrastuktur darat. “Kalau naik pesawat bisa turun dari Solo atau Jogja karena dari sana bisa lebih dekat ke Pacitan. Lewat jalan raya bisa dari Ponorogo, Trenggalek atau Solo. Targetnya yang terpenting tidak ada lagi bottlee neck (penyempitan jalan – red) agar lalu lintasnya lancar,” jelasnya.

Indartato optimistis, bahwa dengan dengan perbaikan infrastruktur  bisa meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan di Pacitan. Kunjungan wisata 2015 meningkat jadi 1,5 juta wisatawan. Tahun ini tiga bulan dari Januari hingga Maret sudah 400 ribu kunjungan.


 “Semoga dalam 2 sampai 3 tahun infrastruktur bisa selesai sehingga kunjungan wisatawan ke Pacitan juga lebih meningkat karena ditunjang wisata pantai dan goa yang bagus,” imbuhnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, setelah selama 42 hari jabatan kepala daerah Pacitan diisi oleh penanggungjawab, pada hari ini, Senin (4/4/2016), Gubernur Jatim melantik Bupati Pacitan Indartato dan Wakil Bupati Pacitan Yudi Sumbogo. Keduanya dilantik berdasarkan Kepmendagri Nomor 131.35-3014 Tahun 2016 dan Nomor 132.35-3015 Tahun 2016 tanggal 18 Maret 2016 tentang Pengangkatan Bupati dan Wakil Bupati Pacitan.

Dalam acara ini, juga dilakukan serah terima jabatan dari Pj Bupati Pacitan periode Februari-April, Priyo Dharmawan kepada Bupati Pacitan. Priyo sendiri merupakan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Jatim. (RAPP002)