Polres Pacitan Amankan Ratusan Box Soal UN SMA

oleh -13575 views

Pacitanku.com, PACITAN – Jelang ujian nasional (UN) tingkat skeolah menengah atas (SMA) yang mulai digelar pada Senin (4/4/2016) mendatang, jajaran kepolisian resor Pacitan mengamankan ratusan box soal UN tingkat SMA, Selasa malam (29/3/2016).

Kepala Polres Pacitan, Ajun Komisari Besar Polisi Taryadi, saat dikonfirmasi melalui kepala bagian humas Ajun Komisari Polisi Pujiono membenarkan bahwa pihaknya bertanggungjawab penuh mengamankan soal-soal tersebut.

“Dua anggota Polres Pacitan bersenjata lengkap mengawal pengambilan soal –soal UN di Surabaya, jumlahnya ada 112 box yang dalam pengangkutan dan penyimpanan disaksikan oleh pihak kepolisian dan Dinas Pendidikan. Saat ini, soal-soal tersebut diletakkan di aula Wahyu, Mapolres, dan dijaga ketat dua personil kami,” jelasnya, melansir laman Polres Pacitan, Rabu (30/3/2016).


Lebih lajut, Puji menyampaikan bahwa jajarannya juga telah menginstruksikan kepada jajaran Polsek untuk menyiapkan satu ruangan sebagai temnpat penyimpanan naskah tersebut. Pengamanan oleh pihak Polres pacitan akan dilaksanakan 24 jam penuh hingga naskah naskah tersebut di ambil di sebar yang juga akan di simpan di tingkat Polsek selama masa ujian.

“Selain melibatkan personil Polri, staff dari Dinas Pendidikan juga ikut berjaga atas keamanan soal-soal tersebut, saat ini semua box berisikan soal-soal Unas dalam keadaan utuh dan bersegel,” ujarnya.

Sebagai informasi, UN SMA/sederajat di Pacitan pada tahun ini  diikuti sebanyak 5.596 siswa. Rinciannya, 3.426 siswa SMK, 1.291 siswa SMA dan 667 siswa MA. Sedangkan, unas  akan diselenggarakan di 41 sekolah yang terbagi dalam 5 subrayon. Lima di antaranya adalah sekolah penyelenggara unas berbasis komputer (UNBK), yaitu  SMKN 1 Pacitan, SMKN 2 Pacitan, SMKN 3 Kebonagung, SMKN 2 Donorojo dan SMK Diponegoro Tulakan. (RAPP002)

Foto: Petugas kepolisian menurunkan box soal UN SMA. (Foto: Polres Pacitan)