Duh, Jumlah Pengangguran di Pacitan Capai 6,4 Ribu Jiwa

oleh -131.012 views

Pacitanku.com, PACITAN – Persoalan lapangan kerja masih menjadi hal serius dan pekerjaan rumah yang harus segera di selesaikan pemerintah kabupaten Pacitan. Data dari Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Pacitan, mencatat bahwa jumlah pengangguran terbuka berdasarkan volume permintaan kartu kuning di Pacitan mencapai 6.448 jiwa.

Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja dan Transmigrasi Dinsosnakertrans Pacitan, Witjaksono Mahargo, dalam keterangannya kepada wartawan, baru-baru ini menyebut bahwa jumlah pencari kerja yang terus meningkat belum diimbangi dengan serapan tenaga kerja. Hal itu lantaran minimnya jumlah industri berskala menengah maupun besar di Pacitan.


Dikatakan Witjak, angka itu merupakan data statistik resmi jumlah pengangguran yang ingin mendapatkan pekerjaan di bidang formal. Sementara yang sudah mendapatkan pekerjaan belum tercatat. ‘’Seharusnya setiap tiga bulan warga pemohon kartu kuning harus melapor. Tetapi nyatanya tidak. Sehingga kami kesulitan mendata,’’ tandasnya.

Lebih lanjut, Witjak menyampaikan bahwa jumlah pengangguran terus menurun setiap tahun. Pada 2013, angka pengangguran mencapai 1,32 persen. Sementara pada tahun 2014 turun menjadi 1,12 persen. ‘’Tahun ini malah hanya di kisaran 1 persen. Berkurang bukan karena lapangan kerja bertambah. Tetapi banyak yang bekerja ke luar daerah,’’ paparnya.

Saat ini, sesuai dengan catatan dari Dinsosnakertrans Pacitan, ada sekitar 130 perusahaan yang beroperasi. Dari jumlah itu, sebagian besar merupakan perusahaan kecil dengan jumlah karyawan kurang dari 100 orang. Sedangkan untuk perusahaan besar hanya sekitar enam sampai tujuh perusahaan saja. (her/yup/RAPP002)

Sumber: Radar Madiun