Waspada Gelombang Tinggi di Perairan Selatan Jatim

oleh -13512 views
Ombak Pantai Teleng Ria
Tempat wisata Pacitan, Ombak Pantai Teleng Ria

Pacitanku.com, SURABAYA – Gelombang tinggi akan mengancam perairan di Jawa Timur (Jatim). Bahkan tinggi gelombang di Pantai Selatan sepanjang Pacitan hingga Trenggalek bisa mencapai empat meter. Untuk itu, warga diminta selalu waspada dan hati-hati.

Terutama masa-masa liburan sekolah. Pengunjung pantai selatan harus hati-hati. Pantai Selatan ini diprediksi bergelombang tinggi karena angin dari Selatan dominan dari Benua Australia. Kecepatannya bisa mencapai 28 knot atau bisa 55 km/jam.




Untuk Pantai Utara dominan angin dari Benua Asia dengan kecepatan sekitar 14 knot BMKG atau 25 km/jam. Maritim Perak yang berkonsentrasi pada pengamatan gelombang perairan menyebut bahwa tinggi gelombang di Pantai Selatan itu akan berlangsung hingga beberapa hari ke depan.

“Sampai 18 Maret 2016, gelombang di wilayah Pantai Selatan tinggi. Semua harus hati-hati,” kata Kasi Data dan Informasi BMKG Maritim Perak, Eko Prasetyo dilansir dari Surya, Selasa (15/3/2016).

Meski demikian, untuk wilayah Pantai Utara Jatim mulai Situbondo sampai Tuban, gelombang di perairan ini relatif normal. Ketinggian gelombang di perairan ini maksimal hanya satu meter. Kondisi ini relatif aman untuk aktivitas nelayan dan penyeberangan.

Sebelumnya, Pantai Utara Jatim sempat dilanda gelombang tinggi. Sejumlah nelayan di wilayah Lamongan dan Gresik menyandarkan perahunya di pantai. (RAPP002/Surya)