Gempa 5,2 SR di Malang Terasa Hingga Pacitan

oleh -13803 views
Ilustrasi gempa Pacitan. (Foto : IST)
Ilustrasi gempa Pacitan. (Foto : IST)

Pacitanku.com, PACITAN – Gempa berkekuatan 5,2 SR di Kabupaten Malang, Rabu (2/3/2016) terasa cukup kuat di Pacitan. Warga yang sedang bekerja pun serentak keluar menjauhi bangunan. Tak terkecuali di sektor publik.

Informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan pusat gempa berada pada 8.95 LS,112.51 BT, 81 Km Barat Daya Kabupaten Malang, Jatim dengan kedalaman 19 Km. Belum dilaporkan adanya kerusakan di Kabupaten Pacitan akibat fenomena alam tersebut. BPBD setempat masih melakukan inventarisasi dari seluruh kecamatan.

Guncangan gempa yang dirasakan cukup menggetarkan itu, membuat banyak warga semburat lari keluar rumah. Pantauan wartawan dilapangan menyebutkan, banyak warga berlarian menuju tempat lapang, lantaran diguncang gempa yang berpusat di Barat Daya, Kota Malang tersebut.




Ketua Pelaksana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pacitan, Tri Mudjiharto, mengatakan, merilis informasi dari Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) gempa terjadi dengan kekuatan 5,2 pada SR dengan kedalaman sekitar 19 Km di dasar laut. Menurutnya, pusat gempa berada di Barat Daya, Kota Malang yang berjarak sekitar 81 Km. “Patahan lempeng terjadi di laut Indo Australia,” katanya, Rabu (2/3).

Guncangan gempa diperkirakan tidak begitu membawa dampak signifikan. Selain getaran gempa yang relative kecil, juga episentrum gempa berada jauh didasar laut. ‎”Tidak berpotensi memunculkan gelombang tsunami,” tegasnya.

Terkait dampak kerusakan yang dialami warga, Tri sangat optimistis, tidak ada dampak berarti atas terjadinya gempa tektonik ini kali. “Kami masih mengumpulkan informasi dari lapangan. Beberapa personil kami tengah turun lapangan guna melakukan pendataan,” tutupnya. (yun/net/RAPP002)