Pj Bupati Pacitan Dorong Sinergi Pariwisata dan Sektor Industri

oleh -0 Dilihat
Wisatawan asyik menikmati liburan di Pacitan. (Foto: Instagram Pacitanku/muham matt)
Wisatawan asyik menikmati liburan di Pacitan. (Foto: Instagram Pacitanku/muham matt)

Pacitanku.com, PACITAN – Pejabat Bupati Pacitan, Dr. Ir Priyo Dharmawan, M. Sc mendorong sektor pariwisata di Pacitan bisa bersinergi dengan sektor lain agar menjadi penyumbang pendapatan asli daerah (PAD) yang signifikan.

“Saya yakin jika terkelola dengan baik akan menjadi penyumbang PAD terbesar. Hadirnya wisatawan di Pacitan akan membangkitkan sektor sektor kerakyatan, mulai dari industri kecil hingga koperasi sebagai pendukung pariwisata,” jelasnya, Rabu (2/3/2016) di Pacitan, seperti dilansir laman SKPD Pacitan.

Lebih lanjut, pria yang juga Kepala Badan Litbang Provinsi Jawa Timur ini berharap, jika PAD sektor pariwisata bisa naik secara signifikan, maka Pacitan tidak lagi mengandalkan PAD dari sektor kesehatan seperti selama ini. “Kami ingin mendorong program tersebut meski hanya sementara. Karena saya juga yakin bahwa bupati terpilih sudah menyiapkan program serupa dengan baik,” ujar Priyo.

Lebih lanjut, Priyo yang baru saja ditunjuk Gubernur mengisi sementara kepemimpinan di Pacitan ini menilai bahwa dibanding kabupaten lain, Pacitan banyak memiliki keunggulan. Terutama, dibidang pariwisata.




“Belum lagi, keberadaan industri pendukung yang mengangkat potensi lokal. Seperti, industri batu mulia dan cindera mata dari batu alam, industri batik khas pacitan serta makanan tradisional,” jelasnya.

Sehingga, kata Priyo, dirinya meminta agar kekuatan lokal tersebut dapat bersinergi dengan baik. Bahkan, imbuhnya, semua pihak diharapkan juga bisa menggandeng swasta untuk pengembangan. “Seperti pengelola hotel dan restoran di Pacitan agar memberikan ruang display khusus untuk promosi,” pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya di Pacitanku.com, pelan-pelan, sektor pariwisata mulai menunjukkan taji dengan meningkatnya jumlah PAD dari sektor ini. Data terbaru, PAD dari sektor pariwisata berhasil mencapai Rp 2 miliar atau 24 persen dari total target PAD 2016 sebesar Rp8,225 miliar, hanya dalam kurun satu bulan sejak 1 Januari silam.

Dengan kondisi tersebut, Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pacitan Wasi Prayitno kepada wartawan, baru-baru ini menyebut pihaknya semakin optimistis sektor PAD di Pacitan dari pariwisata bisa melampaui target. “Melihat capaian awal tahun ini, kami cukup optimistis target tahunan tersebut bisa tercapai,” katanya. (RAPP002/SKPD)