Bupati: Taman Teknologi Pertanian Sangat Membantu Petani Pacitan

oleh -101.315 views

Pacitanku.com, PRINGKUKU – Bupati Pacitan Drs H Indartato, MM menilai keberadaan Taman Teknologi Pertanian (TTP) Pacitan yang terletak di Kecamatan Pringkuku sangat membantu para petani di Pacitan. Hal itu disampaikan oleh Indartato saat peresmian TTP yang digelar pada Selasa (16/2/2016) kemarin di Pringkuku.

Menurutnya, kondisi pertanian Pacitan sebagian besar lahan kering serta mengandalkan air dari hujan, maka dengan inovasi dan tekhnologi maka sektor pertanian dapat terangkat lebih baik lagi. ” TTP ini sangat tepat bagi kita mengingat sebagian besar sumber perekonomian masyarakat kita adalah bertani,” katanya.

Lebih lanjut, Bupati menyampaikan bahwa saat ini luas lahan sawah di Pacitan 13 hektar, sehingga dari luasan itu, sawah dengan irigasi permanen hanya 6,3 persen. Sisanya mengandalkan tadah hujan. Sedangkan lahan kering mencapai 125 ribu hektar. “Dari kondisi tersebut jumlah produksi padi rata-rata 5,45 ton, Jagung 5,7 ton serta kedelai 1,3 ton,” katanya.

Sementara, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Kementerian Pertanian (Kementan) RI, Muhammad Syakir menyebut bahwa para generasi muda diminta turut andil dalam mengembangkan sektor pertanian.


Dikatakan Syakir, saat ini pemerintah berusaha untuk memoderenisasi pertanian agar menarik minta para generasi muda terjun di bidang pertanian. Salah satunya dengan mendirikan Taman Teknologi Pertanian. “Dari 16 TTP yang akan kita bangun satu diantaranya kita tempatkan di Pacitan ini,” katanya.

Lebih lanjut, Syakir menyatakan optimistis jika generasi muda mau andil dibidang pertanian, maka tidak mustahil swasembada pangan akan tercapai. Khusus TTP Pacitan merupakan pengembangan teknologi pertanian untuk lahan kering. Ini sesuai dengan kondisi Wilayah Pacitan yang bergunung. ” Kedepan Pacitan akan menjadi pusat pelatihan pengembangan pertanian lahan kering yang dapat dijadikan rujukan daerah lain,” jelasnya.

Sebagai informasi, TTP Pacitan dibangun diatas lahan seluas kurang lebih 6,8 hektar milik pemerintah daerah. Selain mengembangkan produk pertanian unggulan baru, TTP Pacitan juga mendorong potensi lokal yang sudah ada agar lebih brekembang.

Adapun, di dalamnya terdapat komplek inovasi jeruk dan gogo, komplek inovasi ternak dan profuk turunan, Inovasi pepaya dan gogo, inovasi padi gogo dan kedelai, inovasi pisang gogo serta inovasi padi gogo, kacang tanah.

Dalam peresmian TTP ini, selain Bupati Indartato, juga turut adir Anggota DPR RI Edhie Bhaskoro Yudhoyono dan Wakil Bupati Soedjono. (Riz/SKPD/RAPP002)