2016, Jatim akan Kelola Sistem Kepegawaian Secara Online

oleh -599 views

Pacitanku.com, SURABAYA – Mulai tahun 2016, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur akan membuat inovasi dengan melakukan pengelolaan kepegawaian berbasis online. Aplikasi informasi teknologi (IT) online tersebut dengan pembuatan single identity personality sebagai kelanjutan dari e-PUPNS, e-presensi terkoneksi SKPD dengan BKD, e-SKP penilaian prestasi kerja, e-kenaikan pangkat reguler paperless, e-pensiun dan e-taspen, serta e-rekruitment (CAT system).

“Saya berharap Provinsi Jatim dengan kabupaten/kota se Jatim dapat menjadi yang pertama di Indonesia dalam melaksanakan hal ini, agar tercipta birokrasi yang profesional dan akuntabel,” ungkap Sekretaris Daerah (Sekda) Jatim, Akhmad Sukardi saat membuka Rapat Koordinasi Kepegawaian se Jatim Tahun 2015 di  Surabaya, belum lama ini.


Menurut Sukardi, inovasi pengelolaan kepegawaian di bidang IT dirasa penting karena permasalahan kepegawaian saat ini sangatlah kompleks. Hal itu mencakup permasalahan kelengkapan dokumen kepegawaian, kecepatan, keakuratan pelayanan kelengkapan data, pengembangan pegawai, kesejahteraan pegawai, sampai dengan kualitas pegawai.

“Permasalahan-permasalahan kepegawaian ini perlu ditindaklanjuti agar kinerja, etos kerja, dan kualitas sumber daya manusia Aparatur Sipil Negara (ASN, red) bisa meningkat dan profesional,” ujarnya.

Menurutnya, rapat kerja kepegawaian seperti itu memiliki arti penting dan strategis dalam mendukung peningkatan kinerja kepegawaian baik di lingkungan pemkab/kota maupun di lingkup provinsi.

“Saya berharap melalui rapat koordinasi kepegawaian ini akan menghasilkan rumusan permasalahan di bidang kepegawaian, yang tentunya disertai dengan alternatif dan solusi terbaik,” pungkasnya. (put/Jatimprov/RAPP002)