Pacitan Kembali Raih Piala WTN Lalin Kategori Kota Kecil 4 Kali Beruntun

oleh -131.059 views

Pacitanku.com, PACITAN—Untuk keempat kalinya secara berturut – turut, Kabupaten Pacitan kembali mendapatkan penghargaan Piala Wahana Tata Nugraha (WTN) di bidang lalu lintas kategori kota/kabupaten kecil.

Penyerahan piala tersebut langsung disampaikan Presiden Joko Widodo kepada Sekretaris Daerah (Sekda) Pacitan, Suko Wiyono, Rabu (23/12/2015) di Istana Negara, DKI  Jakarta.

Sebagai informasi, penghargaan WTN adalah penghargaan kepada pemerintah provinsi dan kabupaten/kota sebagai perwujudan pembinaan pemerintah dalam menata transportasi perkotaan yang tujuannya sebagai sarana mendorong dan memotivasi terwujudnya budaya tertib lalu lintas dan angkutan jalan. Sejak  tahun 2012, Pacitan pun tak pernah absen mendapatkan penghargaan ini.

Penyerahan WTN tahun 2015 ini diberikan untuk Kabupaten Pacitan karena dinilai berhasil dalam menata manajemen lalu lintas dan atau angkutan di wilayahnya. Selain Pacitan, ada 26 daerah lain di Jawa Timur yang mendapatkan penghargaan serupa, atau meningkat daripada tahun sebelumnya yang mencapai 24 daerah.


Rinciannya, daerah penerima Plakat WTN 2015 Sidoarjo dan Kabupaten Pasuruan untuk kategori kota/kabupaten sedang, Bojonegoro, Lamongan, Gresik, Ngawi, Kabupaten Mojokerto dan Nganjuk, Tulungagung, Tuban, Lumajang, Magetan, Trenggalek, Kabupaten Blitar, dan Situbondo di kategori kota/kabupaten kecil.

Selain itu, daerah penerima Piala WTN Kategori Lalu Lintas Tahun 2015 yakni Kota Surabaya (kategori kota meteropolitan), Kota Malang (besar), Kota Mojokerto Kabupaten Malang, Kota Blitar, Kota Pasuruan, Jember, Kota Kediri, Jombang dan Banyuwangi  dan Kota Probolinggo (sedang).

Selain itu, untuk tingkat Provinsi, Jatim sukses meraih Piala Wahana Tata Nugraha Wiratama Kencana karena keberhasilan mewujudkan sistem transportasi dan tata perkotaan yang tertib. “Penghargaan ini diberikan juga karena Pemprov Jatim meraih WTN lima kali berturut-turut dan menjadi satu-satunya provinsi yang meraihnya,” ujar Gubernur Jatim Soekarwo.

Dengan demikian, menurut Pakde Karwo, penghargaan ini membuktikan bahwa masyarakat di wilayahnya tertib berlalu lintas, sekaligus menunjukkan bahwa pemerintah peduli terhadap dunia transportasi. “Harus diakui bahwa transportasi merupakan pelayanan dasar kepada masyarakat, setelah pangan, sandang, papan, pendidikan dan kesehatan,” tandasnya. (RAPP002)

Keterangan Foto: Sekda Pacitan Suko Wiyono bersama jajaran SKPD Pacitan usai menerima piala WTN bidang lalu lintas.